Masih banyak beberapa bisnis yang tidak memahami keuntungan dari Facebook ads. Dengan menggunakan Facebook ads bisa lebih memudahkan target market penjualan yang spesifik. Saat beriklan menggunakan Facebook Ads, anda juga harus mengetahui beberapa strategi yang harus dilakukan sehingga iklan dapat lebih efektif.
Berikut beberapa tips saat beriklan menggunakan Facebook Ads :
- Target Market Yang Benar
Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah mereka sering menargetkan secara umum untuk market mereka. Misalnya ingin menjual video yang berhubungan dengan sepak bola, kebanyakkan orang menargetkan hanya pada orang-orang yang menyukai Sepak bola. Padahal tidak semua orang menyukai materi sepak bola yang anda berikan.
Misalnya anda suka menonton sepak bola tapi mungkin anda tidak pernah main ataupun jarang memainkan sepak bola tersebut. Hal ini lah yang sering dilupakan orang sehingga ketika mereka mentargetkan market tersebut penjualan yang terjadi tetap sedikit.
Cobalah berpikir jika anda mentargetkan pemain sepak bola, orang yang suka main sepak bola, pelatih sepak bola pasti konversi akan lebih meningkat bukan? Nah, intinya jika ingin beriklan melalui Facebook ads, target market jangan terlalu umum walaupun masih di market yang sama.
2. Tes Landing Pages
Sebelum mulai beriklan besar, ada baiknya anda lakukan tes terlebih dahulu. Jangan mengambil keputusan hanya berdasarkan insting. Tes dengan budget rendah dan lihat konversinya. Jika hasilnya bagus baru anda boleh promosi besar – besaran ke landing pages website ataupun landing pages yang ada didalam Facebook pages.
3. Manfaatkan Sponsored Story
Cerita sponsor adalah cara yang baik untuk mendatangkan traffic dari facebook ads. Sesuatu yang di sponsori atau di rekomendasikan teman biasanya akan lebih memiliki konversi lebih besar. Sama halnya ketika teman anda merekomendasikan anda sesuatu barang yang bagus.
Pasti anda akan lebih percaya dibanding penjual yang merekomendasi kepada anda. Betul bukan? Jadi manfaatkanlah cerita sponsor.
4. Menggunakan Fitur CPM Optimize Facebook
CPM Optimize adalah salah satu fitur iklan di facebook yang dapat memberikan manfaat besar dan bahaya besar. Apa maksudnya? jika anda seorang pemula lebih baik berhati – hati menggunakan fitur ini karena kita tidak bisa mengontrol budget per CPM nya. Jadi yang bisa kita tentukan hanya membatasi budget harian.
CPM dapat memberikan hasil yang luar biasa dari segi traffic yaitu 100 – 500% tapi kita harus bayar lebih mahal untuk itu. Fitur ini hanya muncul ketika anda mengiklankan Fan Pages atau Aplikasi. Jika URL external tidak akan muncul fitur ini.
5. Tes CPC dan CPM
Dalam iklan usahakan selalu tes terlebih dahulu antara CPC dan CPM. Jangan hanya berasumsi sendiri mana yang terbaik. Gunakan budget minimal untuk melakukan testing. Setiap iklan memiliki hasil yang berbeda-beda, tidak ada yang pasti mana yang lebih baik CPC atau CPM. Jadi solusinya hanya TESTING.