Bulan Ramadhan biasanya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, sehingga ini bisa menjadi kesempatan emas bagi pelaku bisnis online untuk meningkatkan strategi mengoptimalkan marketplace guna mendongkrak penjualan.
Namun, untuk bisa memanfaatkan peluang tersebut, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Mulai dari persiapan barang yang cukup, menciptakan inovasi baru, menjalankan promosi lebih sering hingga kolaborasi dengan influencer.
Nah, penjelasan lebih lengkapnya bisa Anda dapatkan dengan membaca artikel di bawah ini!
Strategi Mengoptimalkan Marketplace saat Ramadhan
Berikut kami sajikan 16 tips yang wajib Anda terapkan saat menjelang memasuki bulan suci Ramadhan.
-
Persiapkan Stok dengan Baik
Sebelum memasuki bulan Ramadhan, pastikan bahwa stok barang yang dimiliki sudah cukup dan siap untuk memenuhi permintaan pelanggan. Pastikan bahwa barang yang dijual memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
-
Penambahan Produk Baru
Untuk menarik pelanggan baru dan memperluas pasar, tambahkan produk yang ‘relate’ dengan tema Ramadhan seperti kue kering, sirup dan pakaian muslim.
Hal tersebut dapat membantu mempercepat penghasilan karena permintaan konsumen selama bulan Ramadhan cenderung lebih tinggi.
-
Promosikan Produk
Dengan mengiklankan produk Anda secara efektif dengan menggunakan platform media sosial yang populer seperti Instagram atau iklan kolaboratif marketplace dapat membantu pendapatan merangkak naik.
Pastikan pula untuk mengikuti tren saat ini dan membuat desain promosi yang menarik dan informatif.
-
Penawaran Khusus
Strategi mengoptimalkan marketplace selanjutnya adalah menawarkan promo atau diskon khusus untuk pelanggan selama Ramadhan. Hal ini dapat memikat pelanggan untuk membeli lebih banyak produk dari Anda. Diskon yang diberikan bisa berupa diskon langsung atau free ongkir.
-
Mempercantik Tampilan
Perbaiki tampilan dari marketplace Anda dengan mengubah tata letak atau menambahkan banner yang menarik. Hal ini dapat menarik perhatian calon pembeli karena toko Anda akan terlihat terpercaya dan memberikan nilai plus dari produk yang dijual.
Anda juga perlu menerapkan judul produk yang SEO friendly agar produk yang ditawarkan jatuh ke tangan yang tepat dan sesuai market.
Judul produk yang SEO friendly memiliki arti bahwa judul produk tersebut dibuat dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan peringkat produk di mesin pencari.
-
Tingkatkan Layanan Pelanggan
Tips selanjutnya ini sebenarnya tak hanya harus Anda lakukan saat bulan Ramadhan, namun setiap saat. Pastikan pelanggan Anda mendapatkan pelayanan yang baik dengan menyediakan tim customer service yang siap membantu kapan saja.
-
Kolaborasi dengan Influencer
Menggandeng para influencer atau selebgram di media sosial dapat membantu meningkatkan visibilitas produk Anda. Dengan mengajak mereka untuk me-review produk Anda, maka pelanggan dapat lebih yakin untuk membeli produk yang ditawarkan.
-
Perkuat Branding
Perkuat branding dari marketplace Anda dengan menghadirkan logo dan penampilan yang khas. Hal ini dapat membantu pelanggan untuk mengenali marketplace Anda dan membuat brand Anda lebih mudah diingat.
-
Manfaatkan Fitur Marketplace
Manfaatkan fitur-fitur marketplace seperti iklan, voucher, dan program referral. Jika tak punya waktu untuk hal itu, Anda bisa juga menggunakan jasa kelola marketplace yang terpercaya. Hal ini dapat membantu meningkatkan penjualan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam berbelanja.
-
Meningkatkan Kualitas Foto Produk
Foto produk yang berkualitas dapat membantu menyingkirkan segala keraguan calon pembeli.
Pastikan untuk mengambil foto dengan pencahayaan yang cukup dan background yang eye catching. Jangan lupa untuk menampilkannya dari berbagai sisi agar pelanggan dapat melihat produk yang diincar secara detail.
-
Menyediakan Metode Pembayaran yang Beragam
Menyediakan metode pembayaran yang beragam dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Pertimbangkan untuk menyediakan metode pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, dan pembayaran tunai (COD).
-
Meningkatkan Kecepatan Website
Kecepatan website dapat memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan dan meningkatkan tingkat konversi penjualan.
Lantas bagaimana caranya?
Anda bisa mempercepat loading time, memperbarui tampilan website yang responsif, dan memperbaiki navigasi website yang mudah digunakan atau user friendly.
-
Menjaga Kualitas Layanan Pengiriman
Perlu Anda ketahui, layanan pengiriman yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat reputasi bisnis Anda.
Maka dari itu, Anda harus bekerja sama dengan jasa pengiriman yang handal dan memiliki jangkauan yang luas. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan informasi yang jelas mengenai estimasi waktu pengiriman dan nomor resi pengiriman kepada pelanggan.
-
Meningkatkan Keamanan Transaksi
Dengan meningkatkan keamanan transaksi, bisnis Anda akan dinilai aman dan memprioritaskan privasi pelanggan.
Gunakan sistem keamanan yang memadai, seperti SSL (Secure Socket Layer), tokenisasi, dan enkripsi data.
-
Mengoptimalkan SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas lalu lintas organik (tidak berbayar) pada situs web melalui hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo.
Tujuan dari SEO adalah untuk memperbaiki peringkat suatu situs web pada hasil pencarian mesin pencari agar situs web tersebut lebih mudah ditemukan.
Untuk menjalankan strategi mengoptimalkan marketplace yang satu ini, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti:
- Riset kata kunci yang relevan dengan produk Anda
- Membuat deskripsi produk yang informatif
- Meningkatkan kualitas konten pada website Anda
- Membuat struktur situs yang baik
- Menciptakan backlink yang berkualitas
-
Berikan Harga yang Kompetitif
Memberikan harga yang kompetitif dalam bisnis sangat penting karena dapat mempengaruhi daya saing perusahaan dalam pasar yang kompetitif.
Jika harga yang ditawarkan oleh perusahaan lebih tinggi dari harga pesaing, maka konsumen cenderung beralih ke pesaing yang menawarkan harga yang lebih murah.
Sebaliknya, jika perusahaan menawarkan harga yang lebih murah daripada pesaing, maka perusahaan dapat menarik lebih banyak pelanggan.
Demikianlah beberapa strategi mengoptimalkan marketplace Anda saat bulan suci Ramadhan tiba. Namun, jangan hanya terpaku dengan tips di atas, karena Anda juga perlu mengikuti perkembangan tren dan kebutuhan pelanggan.
Namun, mengoptimalkan marketplace memang tidaklah mudah maka dari itu butuh bantuan dari ahlinya seperti Herco Digital.
Anda dapat mengandalkan Herco Digital sebagai partner terpercaya Anda. Herco Digital menawarkan berbagai kebutuhan digital marketing yang terintegrasi untuk membantu usaha Anda tumbuh dan berkembang.
Tim dari Herco Digital siap kapanpun dan dimanapun untuk memberikan Anda solusi bisnis terbaik!