Bulan Maret telah tiba, dan kita semakin mendekati bulan suci Ramadan di tahun 2024. Momen ini selalu menjadi bulan penuh berkah, tak hanya bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa, tetapi juga bagi para pelaku bisnis online.
Ramadan bukan hanya tentang spiritualitas, tetapi juga tentang potensi bisnis yang besar, terutama dalam ranah belanja online. Selama periode ini, permintaan pasar melesat tinggi, mulai dari persiapan puasa, belanja baju lebaran, perlengkapan ibadah, dan berbagai kebutuhan lainnya.
Sebagai pemilik marketplace, Anda harus siap menyambut momen berharga ini dengan strategi pemasaran yang tepat, salah satunya adalah menggunakan jasa optimasi. Dalam artikel ini, kami akan berbagi tiga tips mengoptimalkan marketplace, yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan, menarik minat pembeli, dan meraih kesuksesan besar selama Ramadan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini dan simak hingga akhir ya!
Optimasi Marketplace, Strategi agar Ramai Pembeli saat Ramadan
Bulan Ramadan 2024 menghadirkan peluang besar bagi para pebisnis di marketplace untuk meningkatkan penjualan. Dengan memahami perilaku konsumen dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, Anda dapat memaksimalkan keuntungan di momen istimewa ini.
1. Percantik Visual Marketplace
Ibarat toko offline yang perlu dicat, diberi penerangan memadai, dan memasang spanduk menarik, toko online di marketplace pun perlu dimaksimalkan visualnya. Percantiklah banner, foto produk, dan desain katalog toko Anda untuk menarik perhatian pembeli.
Jika belum memiliki resource untuk mengoptimalkan visual toko, Anda dapat menggunakan jasa optimasi marketplace. Jasa ini akan membantu Anda dalam mendesain banner, foto produk, dan katalog yang menarik dan profesional.
2. Perluas Jangkauan Toko
Jangan hanya mengandalkan traffic dari marketplace saja. Manfaatkan juga media promosi online lainnya untuk mendatangkan calon pembeli ke toko Anda.
Contohnya, Anda dapat menggunakan iklan kolaboratif marketplace (IKOM) yang menarik calon pembeli dari media sosial, dan diarahkan ke toko Anda di marketplace. Dengan strategi ini, jangkauan toko Anda akan semakin luas, dan peluang mendapatkan pembeli pun semakin besar.
3. Optimalkan SEO Marketplace
Tahukah Anda bahwa mengoptimalkan SEO pada marketplace Anda ternyata dapat memberikan impact besar pada visibilitas toko online? Anda dapat meningkatkan traffic dan keuntungan toko online Anda dengan menerapkan strategi SEO marketplace sebagai berikut:
-
Temukan Keyword yang Tepat
Lakukanlah riset untuk menemukan kata kunci yang relevan dan populer di niche pasar Anda. Saat melakukan riset keyword, perhatikan 3 indikator seperti volume pencarian, tingkat kompetisi, dan intensi keyword.
Temukan juga keyword LSI (Latent Semantic Indexing) yang berkaitan erat dengan topik tertentu. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan kata kunci ‘Ramadan’, maka keyword LSI yang bisa saja muncul adalah ‘Puasa Ramadan’,’Sahur’,’Buka Puasa’, dan masih banyak lagi.
Jika sudah menemukan keyword yang tepat, gunakan keyword tersebut pada judul, deskripsi, dan tag produk Anda.
-
Membuat User-Generate Content (UGC)
UGC merupakan konten yang memberikan ciri khas yang membedakan usaha Anda dari kompetitor. Konten UGC yang baik, dapat mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan dan testimoni positif terhadap usaha Anda.
Ulasan dan komentar positif ini sangat penting karena dapat meningkatkan kredibilitas, serta eksposur produk di marketplace.
-
Perbarui Halaman Produk Secara Berkala
Untuk memastikan konten Anda tetap relevan di mata search engine, rutinlah melakukan pembaruan halaman produk. Saat memperbarui deskripsi produk, perhatikan untuk menyisipkan kata kunci utama beserta beberapa istilah yang berkaitan (LSI).
Pada deskripsi produk, disarankan berisi minimal 300 kata untuk memudahkan search engine melakukan crawling. Bagian lain yang tak kalah penting yaitu ulasan atau review. Ulasan produk memiliki peran signifikan dalam meningkatkan jumlah transaksi, bahkan hingga 270 persen.
-
Manfaatkan Schema Markup
Penggunaan schema markup dapat memberikan tampilan yang lebih bervariasi dan menarik bagi calon pembeli. Selain itu, schema markup efektif memberikan informasi yang lebih terperinci dan terstruktur tentang produk kepada search engine.
Toko online yang menerapkan schema markup akan memiliki tampilan snippet yang dapat meningkatkan tingkat klik (click through rate) hingga dua kali lipat, dan jumlah transaksi hingga enam kali lipat.
-
Optimalkan URL Produk
URL merupakan alamat digital yang mengarahkan pengguna ke sebuah website. Maka dari itu, penting untuk memiliki URL yang SEO friendly guna membantu search engine dalam memahami konten dan meningkatkan peringkat produk pada hasil pencarian.
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan URL SEO friendly, seperti menggunakan jumlah karakter yang berkisar antara 50-60, menyesuaikannya dengan judul halaman, menghilangkan kata-kata yang tidak perlu, dan menghindari penggunaan kategori dan subkategori.
Gunakan Jasa Optimasi Marketplace untuk Ramadan yang Makin Cuan
Menjelang bulan suci Ramadan, persaingan di marketplace semakin ketat, dan banyak toko berlomba-lomba untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka. Lalu, bagaimana caranya agar toko Anda mampu bersaing dan tidak tenggelam dalam lautan kompetisi? Jawabannya ada pada pengoptimalan strategi yang tepat.
Herco Digital hadir sebagai solusi tepat untuk meningkatkan penjualan Anda selama Ramadan 2024 ini. Kami tidak hanya menawarkan layanan jasa kelola marketplace saja, tetapi juga Collaborative Performance Advertising Solution (CPAS), dan strategi SEO marketplace yang telah terbukti meningkatkan visibilitas dan penjualan.
Dengan menggunakan jasa kami, Anda bisa fokus pada pengembangan produk dan meningkatkan penjualan, sementara tim profesional kami mengurus semua hal teknisnya.
Jangan lewatkan kesempatan emas ini! Yuk, raih cuan maksimal di Ramadan 2024 bersama Herco Digital!