Saat Ramadhan, kebutuhan terhadap produk makanan dan minuman yang menyehatkan serta enak dikonsumsi waktu buka puasa atau sahur akan meningkat. Orang yang berpuasa akan memperhatikan makanan yang mereka konsumsi supaya selama menjalankan puasa dan ibadah bulan ramadhan lainnya kondisi tubuh mereka selalu fit.
Google mencatat, orang-orang melakukan pencarian terkait produk snack dan healthy foods mulai dua minggu sebelum puasa hingga momen lebaran tiba. Momen ini jadi peluang bagus bagi para pemilik brand snack, makanan, dan minuman untuk meningkatkan penjualan online maupun offline.
Karena In Mobi mencatat tahun ini ada 31% orang akan menambah budget belanja online mereka. Mengapa demikian? Karena faktanya pelanggan indonesia merasa nyaman dan menyukai belanja online. Simak alasannya supaya kamu bisa tahu apa yang membuat mereka nyaman, memberikan penawaran yang lebih sesuai, dan meningkatkan layanan online Anda.
- 63% Orang menyukai belanja lewat aplikasi belanja online karena ada banyak diskon dan penawaran. Toko onlinemu sudah memberikan diskon dan penawaran spesial Ramadhan atau belum? Pastikan sudah yaa.
- 56% Orang menyatakan menyukai belanja online karena brand dan produk yang bervariasi. Jadi kamu harus beri tahu calon pelanggan potensialmu bahwa produk di tokomu ada banyak variasinya. Tampilkan semua koleksi Ramadhanmu.
- 54% Orang merasa senang karena proses pembayaran mudah.
- 50% Orang menyukai kenyamanan dalam berbelanja online.
Source : In Mobi
Pastikan orang-orang berbelanja di online store Anda. Jangan sampai kalah dengan kompetitor Anda, karena Google mencatat 69% merchant online akan meningkatkan optimasi strategi digital marketing mereka. Minimal, Anda harus menjalankan strategi digital marketing yang satu ini supaya tidak tertinggal dengan kompetitor Anda.
Menjalankan Iklan Kolaboratif Marketplace
Iklan ini cocok sekali untuk mempromosikan penawaran spesial Ramadhan Anda. Calon pelanggan potensial Anda akan tahu diskon dan varian produk apa saja yang Anda tawarkan dimomen spesial Ramadhan. Kunjungan online store Anda di marketplace shopee, tokopedia, blibli, hingga bukalapak akan meningkat. Melalui iklan kolaboratif marketplace ini Anda mampu :
– Meningkatkan rasio konversi iklan untuk menjangkau pengguna facebook & instagram dengan minat pembelian tinggi.
– Menjangkau orang yang tertarik dengan produk yang sejenis dengan produk Anda.
– Menjangkau orang yang sudah pernah mengunjungi toko Anda namun belum pernah melakukan transaksi.
– Mengingatkan kembali orang yang sudah pernah membeli produk Anda supaya mereka berlangganan / melakukan belanja ulang.
Berikut gambaran bagaimana iklan kolaboratif bekerja untuk meningkatkan kunjungan ke toko online Anda saat bulan ramadhan :
- Iklan promo ramadhan Anda akan tayangkan kepada calon pelanggan potensial di Facebook & Instagram.
- Saat mereka melakukan “klik” pada iklan Anda, mereka akan mendapatkan tampilan katalog produk makanan dan minuman yang Anda tawarkan.
- Setelah scroll dan mereview katalog produk Anda, ketika calon pelanggan melakukan klik pada produk pilihan mereka, mereka akan langsung masuk ke halaman produk Anda di marketplace (shopee, tokopedia, blibli, atau bukalapak).
- Ini akan memudahkan calon pelanggan Anda untuk melakukan transaksi pembelian atau add to cart.
Sangat efektif bukan? Iklan Anda akan ditargetkan kepada calon pelanggan potensial di facebook dan instagram. Strategi digital marketing ini sangat sesuai untuk mempromosikan bisnis snack, makanan, dan minuman yang memiliki online store di marketplace dan ingin menarget market pengguna instagram dan facebook.
Selain digital marketing untuk untuk meningkatkan kunjungan toko online Anda, berikut strategi digital marketing yang cocok untuk meningkatkan ketertarikan calon pelanggan Anda supaya mengunjungi toko offline Anda.
Local Ads Campaign
Melalui strategi local ads campaign, toko snack, makanan, dan minuman Anda akan direkomendasikan kepada calon pelanggan potensial yang berada satu lokasi dengan offline store Anda. Iklan Anda bisa tayang di platform online mulai dari google maps, google browser, gmail, youtube, hingga website yang dikunjungi oleh calon pelanggan Anda (display).
Nantinya, saat calon pelanggan Anda melakukan klik pada iklan Anda, mereka akan diarahkan menuju Google Business Profile Anda untuk mendapatkan petunjuk lokasi menuju toko Anda atau mengontak Anda melalui telepon sebelum mereka berkunjung.
Itu tadi rekomendasi strategi digital marketing yang cocok untuk dijalankan oleh para pemilik bisnis dibidang snack dan healthy foods. manfaat dan gambaran bagaimana strategi digital marketing dapat membantu meningkatkan kunjungan toko online maupun offline Anda selama bulan Ramadhan.