Natal adalah hari yang paling penting dalam akhir tahun ini bagi kebanyakan retailer dan bagi pebisnis online yang lainnya. Karena musim Natal berpeluang menghasilkan pendapatan yang besar jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Oleh karena itu, tugas Anda sebagai ahli pemasaran digital untuk menjamin brand mereka dapat memimpin pasar di musim yang meriah ini. Bagaimanapun, mempersiapkan strategi marketing yang tepat untuk saat-saat seperti ini bisa saja menantang bagi Anda, jadi kami telah membuat poin-poin berikut ini untuk membantu Anda memahami cara membuat strategi pemasaran digital yang ideal untuk musim Natal ini:
Ketahui dan Pahami Perilaku Konsumen
Tapi sebelum membahas poin-poin tersebut, perlu dipahami tentang bagaimana Anda dapat menjamin klien Anda bahwa mereka akan mendapatkan ROI yang bagus di akhir tahun ini. Penting bagi Anda untuk memahami bagaimana perilaku konsumen yang mungkin berbeda untuk musim Natal ini, coba bandingkan dengan waktu-waktu lain atau musim Natal pada tahun-tahun yang sebelumnya. Setelah Anda mendapatkan informasi mengenai perilaku konsumen, langkah selanjutnya adalah:
Menyempurnakan Strategi Pemasaran Anda
1) Rencanakan kampanye PPC
Membuat kampanye PPC yang menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan Harbolnas, Natal, dan Tahun Baru adalah salah satu strategi pemasaran yang umumnya dilakukan oleh sebagian besar pemasar dari berbagai e-commerce, startup, atau bisnis online lainnya. Jadi, setiap agensi pemasaran pasti merencanakan hal yang sama dan akibatnya kampanye PPC menjadi semakin mahal.
Oleh karena itu, lakukan riset sedini mungkin, untuk mengidentifikasi kata kunci apa yang mungkin menguntungkan klien Anda, daripada Anda harus menggunakan kata kunci yang umum digunakan. Dengan riset, akan membantu Anda dalam menghemat biaya yang harus dikeluarkan, sementara Anda tetap dapat menghasilkan trafik ke situs web.
2) Review langding page
Semua landing page seharusnya dipersiapkan untuk menghasilkan konversi yang maksimal, dan mungkin Anda ingin membuat tema landing page yang spesial dan menarik audiens yang sedang merayakan Natal. Cobalah untuk mempertimbangkannya dari perspektif konsumen. Apa yang mungkin konsumen cari? Apa prioritas mereka? Apa rencana mereka di hari Natal ini? Pemahaman target audiens Anda akan membantu tugas Anda dalam merancang strategi pemasaran digital menjadi lebih sederhana dan mudah.
3) Mentalitas yang ‘menjual’
Satu hal yang perlu diamati dari perayaan Harbolnas kemarin adalah berapa banyak yang dihasilkan dari strategi promosi dengan hanya ‘membanting harga’? Jadi, aspek penting dalam keberhasilan pemasaran adalah antisipasi dan kehebohan. Sedangkan untuk musim natal ini, gunakan pemasaran melalui email dan media sosial untuk mendapatkan kedua hal tersebut.
4) Gunakan review konsumen
Menurut Google, ulasan oleh konsumen adalah hal yang sangat penting ketika Anda ingin meningkatkan penjualan klien. Khususnya, jika Anda menggunakan konten video. 80% konsumen akan tertarik membeli produk jika mereka melihat konten video mengenai ulasan produk dan rating yang diberikan oleh konsumen lain. Dan 68% diantaraanya mengatakan bahwa konten video terbaik bagi mereka adalah cerita tentang konsumen lain yang memiliki pengalaman yang sama seperti mereka terhadap penggunaan suatu produk atau jasa. Pada akhirnya, pastikan Anda membantu klien Anda untuk membuat konten video yang menunjukkan secara langsung produk atau jasa yang ditawarkan kepada target konsumen.
5) Kombinasikan kampanye sosial dan pencarian
Teknik pemasaran yang terintegrasi seringnya mengarahkan bisnis online pada keberhasilan dalam meningkatkan ROI. Sebaiknya Anda analisa kampanye sosial dan pencarian yang sudah dilakukan oleh klien sebelumnya, untuk menemukan taktik mana yang berhasil dan yang tidak, lalu gunakan itu sebagai informasi untuk membuat kampanye PPC yang lebih relevan. Gunakan analisa data yang diambil dari website untuk membantu Anda membuat iklan berbayar di situs media sosial.