Gagasan mengenai cara mengelola akun media sosial perusahaan cukup sederhana yaitu dengan membagikan konten visual yang baik akan meningkatkan traffic terhadap website perusahaan, Namun perlu dicatat bahwa konten visual yang baik berbeda dengan konten visual yang indah melainkan konten visual harus selalu menjadi efektif. Semakin baik konten visual yang Anda bagikan di media sosial, semakin besar peluang Anda mencapai target dan apa yang Anda posting akan dibaca oleh audiens. Jadi, apa tujuan utama dari konten visual yang Anda tampilkan pada akun media sosial Anda? Dan jawabannya adalah:
Agar caption terbaca. Caption adalah penjelasan atau deskripsi tentang link atau gambar yang orang-orang bagikan. Coba Anda bayangkan betapa mengagumkan jika konten visual Anda dapat membuat jempol audiens berhenti mengganti ke profil akun orang lain untuk beberapa waktu dan hanya membaca apa yang Anda tulis di caption.
Gambar persuasif yang dapat dipahami. Gambar pada konten harus memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada audiens. Karena pemahaman mengarah pada ketertarikan dan ketertarikan mengarah pada penerimaan. Konten visual yang menarik audiens kemungkinan besar membuat mereka bersedia untuk mengunjungi link yang ditulis, disertai dengan pemahaman terhadap konten yang dibagikan dan apabila audiens merasa itu adalah informasi yang relevan dengan mereka, kemungkinan besar mereka akan membagikan link tersebut, dan pada akhirnya meningkatkan traffic website.
Dan apabila kedua tujuan ini tercapai, gambar dan konten Anda akan mendapatkan like, comment, dan shared. Pertanyaan yang lain adalah bagaimana kita bisa mencapai kedua tujuan tersebut? Ada tiga elemen dasar dalam membagikan konten visual yang efektif pada semua media sosial dan meningkatkan traffic website:
1) Buat gambar yang bercerita
Audiens menyukai cerita, tetapi mereka juga menyukai gambar. Teks cerita bisa membuat mereka bosan, jadi Anda perlu menggunakan gambar untuk bercerita atau gambar yang merepresentasikan cerita Anda. Setiap gambar dapat membuat mereka berhenti dan membaca caption untuk waktu yang sebentar. Setelah mereka selesai, hanya jika mereka bersedia untuk mengunjungi link atau blog Anda karena mereka ingin lebih tahu konten Anda yang baik.
2) Semakin singkat, semakin baik
Hal ini sangat penting ketika Anda menulis caption. Hindari menjelaskan apa yang sudah ada di caption dan jangan terlalu banyak memberikan teks penjelasan, karena apa yang audiens butuhkan adalah sebuah alasan mengapa mereka harus mengunjungi link tersebut.
3) Jangan pelit untuk membagikan konten website yang bermanfaat
Meskipun semua ini adalah tentang bagaimana meningkatkan traffic website, bukan berarti Anda hanya terfokus dengan apa yang akan dibagikan pada akun media sosial. Karena meskipun Anda menginginkan audiens membaca apa yang Anda posting di media sosial, Anda juga harus mengarahkan mereka mengunjungi website Anda dan menelusuri informasi-informasi di dalamnya.
Sedikit tips mengenai gambar, Anda bisa membuat minigrafik, tabel, diagram, dan infografik lainnya yang menarik. Terutama jika Anda memiliki selera humor, itu akan menambah ketertarikan audiens untuk membagikannya ke akun media sosial mereka.