Untuk waktu yang cukup lama, Google dan Shopee telah bekerja sama untuk menyediakan layanan iklan independen hingga iklan Shopee eksklusif untuk membantu promosi di toko dan juga Google Ads dengan tujuan dapat membantu bisnis menjangkau pelanggan yang lebih luas di web. Karena pandemi yang sedang berlangsung dan juga adanya jejak nyata keterlibatan mereka dalam komunitas E-Commerce, Google dan Shopee setuju untuk terus bermitra untuk meningkatkan mekanisme periklanan mereka, yaitu dengan meluncurkan Google Ads with Shopee.
Apa Itu Google Ads With Shopee ?
Google Ads with Shopee merupakan gagasan dari kemitraan Shopee dan Google, yaitu dengan melakukan promosi produk seperti biasa, tetapi juga dengan memanfaatkan gabungan dari algoritma Shopee dan Google. Lalu, bagaimana cara kerjanya ?
Pada dasarnya, saat ini merk dan penjual dapat menjalankan kampanye belanja dan pengeluaran untuk mengarahkan para pembeli yang memiliki potensi tinggi untuk membeli ke toko resmi milik merk atau penjual tersebut. Apabila pembelian dilakukan, Shopee kemudian kan mengirimkan data konversi pasca – klik ke Google. Data ini yang kemudian akan digunakan untuk tujuan pengoptimalan konversi sehingga penjual dapat mendorong lebih banyak penjualan ke toko mereka.
Solusi – Solusi Yang Diberikan Oleh Google Ads With Shopee
Dengan melakukan penggabungan mekanisme antara Google dan Shopee, terdapat beberapa solusi yang akan anda dapatkan, diantaranya :
- Infrastruktur data yang akan memungkinkan penjual dapat mengelola kinerja dan pengukuran penjualan untuk semua iklan yang dilakukan
- Katalog produk yang tersinkronisasi secara penuh antara Google dan Shopee
- Menggabungkan kekuatan dari data niat pengguna Google dan data pembeli produk di Shopee untuk membantu para penjual lebih mengoptimalkan iklan mereka di seluruh platform
Iklan Google Dengan Menggunakan Format Iklan Shopee
Dalam hal format, terdapat dua jenis format iklan yang dapat anda gunakan, diantaranya :
● Format Iklan Belanja
Format iklan belanja merupakan format iklan yang sangat visual dengan cara menyajikan produk paling relevan dengan penelusuran pengguna. Selama perjalanan pencarian produk sedang berlangsung, iklan akan dimunculkan di beberapa properti Google, contohnya saja seperti Pencarian Google, Pencarian Gambar, Gmail, Pencarian Gambar, SERP Youtube serta bagian bawah Umpan Beranda Youtube.
● Format Teks + Iklan Belanja
Format iklan yang selanjutnya adalah format teks plus iklan belanja. Pada dasarnya, format yang satu ini mirip dengan format iklan belanja, yang membedakannya adalah adanya penambahan penyertaan teks gratis yang berguna untuk memberi tahu para pengguna apa saja hal yang anda tawarkan. Dengan begitu, pengguna akan tertarik perhatiannya, kemudian anda dapat melakukan sedikit pembicaraan mengenai penjualan untuk menarik pengguna membeli produk anda. Kelebihan dari penggunaan format teks plus iklan belanja adalah kemungkinan besarnya dalam menghasilkan konversi terlepas dari apakah pengguna sudah terbiasa dengan iklan belanja atau iklan teks. Penggunaan format iklan yang satu ini sangat direkomendasikan selama ada festival belanja yang sangat kompetitif.