Memulai karir di bidang digital marketing memang cukup menarik. Banyak yang mempunyai impian untuk bekerja di bidang digital marketing ini. Namun memulai karir dalam digital marketing tidaklah mudah. Berikut ini adalah tips jika Anda ingin memulai karir di digital marketing.
-
Keinginan untuk belajar
Dunia industri digital tumbuh dengan cepat. Kondisi ini membuat persaingan di dalamnya semakin ketat. Orang-orang yang ada dalam industri digital diharapkan untuk selalu memahami hal-hal baru, kaitannya dengan teknologi yang semakin berkembang dan menuntut kemampuan orang-orangnya juga terus bertambah. Oleh karena itu, belajar menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap digital marketer dalam pekerjaannya sehari-hari.
Tanpa keinginan untuk belajar, seorang digital marketer tidak akan bisa untuk berkembang dan memenangkan persaingan. Kemampuannya akan mentok dan tidak lagi relevan dengan pasar. Oleh karenanya, dibutuhkan tak hanya orang yang memiliki kemampuan, namun juga passion yang kuat terhadap apa yang sekarang dikerjakannya.
-
Relasi
Keberadaan orang-orang hebat di sekitar Anda sama pentingnya dengan kemampuan Anda untuk selalu berkembang. Selama Anda berkarier dalam industri digital, pastikan Anda dikelilingi orang-orang yang akan menjadi pemantik sekaligus partner dalam berbisnis.
Relasi memiliki banyak manfaat dalam karier Anda. Selain sebagai partner, orang-orang yang berada di lingkaran Anda juga memiliki potensi yang besar untuk menolong Anda dalam kesulitan. Anda bisa belajar dari orang-orang yang Anda anggap lebih hebat dan juga bisa berbagi ilmu dengan mereka.
-
Perbanyak portofolio
Keberadaan portofolio menjadi salah satu bukti kecakapan Anda dalam bekerja. Portfolio merupakan history atau daftar project yang pernah Anda kerjakan. Ini adalah wujud nyata dan keahlian yang selama ini Anda yakini ada dalam diri Anda. Semakin banyak portofolio yang Anda miliki, akan membuat Anda semakin dipercaya. Hal ini penting bagi Anda yang tengah benar-benar memulai karier sebagai seorang digital marketer.
-
Mengikuti trend terkini
Sebagai seorang digital marketer, Anda dituntut untuk selalu update terhadap apapun yang terjadi di dunia. Anda harus selalu terhubung dengan orang-orang yang menjadi influencer di bidang bisnis dan memahami apa yang kini tengah menjadi trend di kalangan pasar.Selain itu, Anda juga harus selalu memahami apa yang terjadi pada teknologi itu sendiri.
Platform besar seperti Google, Facebook, atau Twitter merupakan beberapa hal dari sekian banyak hal yang harus Anda pelajari dan Anda ikuti perkembangannya. Dengan demikian, kemampuan Anda akan selalu relevan dengan apa yang sekarang menjadi trend.
Anda bisa mengikuti perkembangan digital marketing pada blog yang menjadi industry leader seperti Blog HeroSoftMedia.
-
Sertifikasi
Meski terlihat sepele, keberadaan sertifikat penting bagi kehidupan karier Anda. Salah satunya karena profesi digital marketer belum memiliki sekolah khusus yang menjadi penanda seseorang profesional di bidang itu, seperti misalnya untuk menjadi seorang pengacara orang bisa kuliah di hukum, dan lain sebagainya. Tentu saja sertifikat yang dimaksud di sini adalah perolehan hasil yang relevan dengan bisnis yang Anda jalankan.
Misalnya Anda berprofesi sebagai PPC specialist, Anda mungkin harus mendapatkan setidaknya satu sertifikasi dari Google AdWords. Atau misalnya Anda adalah Social Media Specialist, Anda setidaknya harus memperoleh sertifikasi dari Facebook Blueprint, dan lain sebagainya.
Tapi sertifikat bukanlah hal yang wajib. Karena bagaimana pun kemampuan atau skill Anda adalah yang utama. Seseorang bisa memiliki puluhan sertifikat tapi kurang ahli dalam bidangya. Serupa seperti ijazah sekolah yang tidak bisa menjadi identifikasi kalau seseorang tersebut cerdas atau tidak.