Artikel, Google Analytics

Memantau Performa Iklan Melalui Google Analytics

memantau performa iklan melalui google analytics

Dibawah ini kami Jelaskan Beberapa Hal yang perlu dilakukan oleh Klien Untuk dapat Memantau performa Iklan Mereka melalui Google Analytics:

1. Login ke akun Google Analythics melalui email yang telah diberikan akses (Read & Analyze),  link : https://analytics.google.com/

2. Jika sudah berhasil masuk ke akun Analythics, anda akan melihat banyak pilihan menu dan Tools, Dalam hal ini kita akan fokusan google ads sendiri pada menu Aquisition atau akuisisi.

performa Iklan Google Analytics

3. Pada Menu Aquisition masuk dalam sub menu Overview itu untuk melihat keseluruhan trafic pengunjung web dan dari sumber kunjungannya 

performa Iklan Google Analytics, Memantau Performa Iklan Melalui Google Analytics

Pada Overview Top Channels Biasanya Kalau Google Ads Terdapat dari 3 Sumber : 

  • Google Ads Search = paid search
  • Google Display Network = display
  • Youtube Ads = data jadi satu dengan social (jika dibuka datanya umumnya tergabung dengan FB dan Ig Ads)

4.Berikutnya Menu All Traffic – Source Medium, anda bisa melihat data tabel user pengunjung melalui iklan Google dengan nama : google / cpc

performa Iklan Google Analytics, Memantau Performa Iklan Melalui Google Analytics

5. Masih Dalam Menu Akuisisi ada Sub Menu Google Ads Sendiri, pada sub menu tsb anda bisa memantau mulai dari nama campaignnya, apa saja Keywords yang digunakan, jam interaksinya, Final Urlnya apa (link tujuan), dll

performa Iklan Google Analytics, Memantau Performa Iklan Melalui Google Analytics

6. Masih Ada Sub Menu Sederhana lagi yang bisa dibuat acuan pemantauan data Iklan anda yaitu pada sub menu Campaign, ini sama sprti data yang ditampilkan di sub menu Google Ads sendiri tetapi penampilan datanya lebih sederhana.

performa Iklan Google Analytics, Memantau Performa Iklan Melalui Google Analytics

diatas merupakan langkah yang bisa anda lakukan untuk memantau sendiri performa iklan Google anda dengan GA,

Penjelasan singkat Bagian yang penting pada Tabel GA :

  • Users : Merupakan Jumlah Seluruh Pengunjung / User Website Klien melalui beberapa Source dalam jangka Waktu tertentu.
  • New Users : Merupakan Jumlah Pengunjung / User Baru yang belum pernah mengunjungi Website Klien melalui beberapa Source dalam jangka Waktu tertentu.
  • Sessions : Merupakan Pengunjung Aktif (membuka beberapa halaman) pada Website Klien melalui beberapa Source dalam jangka Waktu tertentu. 
  • Bounce Rate : Merupakan Pantulan Kunjungan atau User yang mengunjungi 1 Halaman Website Klien kemudian langsung keluar, Jadi Semakin Besar nilai Persentasi % nya makin jelek performa Trafiknya.
  • Page / Session : Merupakan Rata Rata Banyaknya Kunjungan Tiap Halaman yang ada oleh User.
  • Avg Session Duration : Merupakan Rata Rata Durasi Kunjungan User.
  • Goal Conversion & Goal Conversion Rate % : Merupakan Data Nilai Goal Conversi yang sudah dibuat, pada goal conversi ini yang umum digunakan yaitu : kunjungan user lebih dari 3 atau 5 halaman, durasi kunjungan user lebih dari 5 menit, Kunjungan Halaman Tertentu seperti Halaman Contact US, & Klik Tombol WA.

(*Catatan : Di Beberapa Kasus Terjadi selisih data antara Data GA dan Data pada Dashboard Google Ads )

Sekian dari kami, Semoga dapat Bermanfaat dan Dapat Dipahami untuk dapat memantau performa iklan Google anda dengan menggunakan Analytics