Media sosial Facebook saat ini memang bukan hanya digunakan untuk sarana curhat atau ajang pamer dan eksistensi. Jejaring sosial kreasi Mark Zuckerberg ini kini telah banyak digunakan oleh para pebisnis untuk kegiatan pebisnis hingga menciptakan peningkatan penjualan ataupun upaya branding.
Dalam dunia bisnis, ukuran atau tanda yang menjadikan kegiatan promosi dan peningkatan penjualan atau branding ini sukses adalah jumlah pelanggan yang datang. Pelanggan atau orang yang akan membeli produk kita akan menjadi bukti bahwa kegiatan promosi Anda berhasil. Namun sayangnya masih banyak pengusaha yang belum mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan untuk bisa meraih lebih banyak pelanggan bisnis melalui Facebook.
Padahal penguasaan untuk mendapatkan pelanggan adalah hal yang mutlak diketahui dan dimiliki oleh pebisnis untuk membuat strategi marketingnya berjalan dengan sukses. Untuk Anda yang belum mengetahui cara-cara meraih pelanggan lewat promosi Facebok, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
1. Optimalkan Halaman Facebook
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meraih pelanggan di Facebook adalah dengan mengoptimalkan halaman Facebook. Untuk mengoptimalkan halaman Facebook ini Anda bisa memulai dari foto cover. Foto cover yang memiliki tampilan gambar yang lebih besar memang akan mendapat perhatian yang lebih dari komponen halaman Facebook lainnya.
Foto cover yang juga menjadi titik poin pertama dari pengunjung ini haruslah dibuat menarik untuk bisa meraih pelanggan. Cara untuk membuat foto cover yang menarik adalah dengan memasukkan tagline pada foto yang menyatakan keuntungan utama bagi para pengunjung yang mau mengklik like atau suka pada halaman Facebook anda.
2. Miliki Strategi Konten
Namanya juga media sosial pasti anda tak akan lepas dari kegiatan posting. Namun untuk Anda seorang pebisnis, Anda tak bisa sembarangan dalam melakukan postingan. Konten yang akan Anda share pun haruslah menarik dan sesuai dengan tujuan kita dalam menarik pelanggan.
Untuk itu cobalah untuk membuat beberapa variasi post, seperti tentang berita bisnis, tips, foto, links, dan juga lelucon. Kebanyakan orang memang menggunakan Facebook untuk bersosialisasi dan bersenang-senang. Jadi, kita sebagai pebisnis juga harus siap sedia juga dengan konten-konten postingan yang lucu tentang niche bisnis kita.
Dengan adanya konten yang bervariasi ini maka anda bisa mendapatkan lebih banyak komentar, like, dan share hingga akhirnya mendatangkan pelanggan. Terakhir, hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan konten adalah dengan membuat strategi intensitas posting. Jangan sampai Anda terlalu lama tidak melakukan postingan, usahakan dalam kurun waktu satu hari minimal ada 2 post yang ditampilkan untuk meningkatkan visibilitas.
3. Interaksi Dengan Halaman Lain
Meskipun Anda memiliki fokus meningkatkan pelanggan lewat akun Facebook anda, namun mencapainya anda tidak bisa kemudian acuh tak acuh pada akun lainnya. Bahkan untuk bisa mencapai target anda meraih simpati pelanggan, anda memang diharuskan terus terhubung dan berinteraksi dengan halaman Facebook lainnya.
Jangan ragu untuk memberikan like atau suka dan komentar yang baik pada halaman Facebook lain menggunakan akun halaman Facebook kita. Dengan kita berinteraksi dengan mereka, maka kita akan memperbesar visibiltas kita dan berpeluang untuk mendapatkan timbal balik yang sama dan bahkan lebih besar.
4. Gunakan Profil Pribadi Jika Memungkinkan
Terakhir, cara untuk bisa meraih pelanggan di Facebook adalah dengan menggunakan profil pribadi Anda jika memang memungkinkan. Perusahaan atau bisnis memang akan mencerminkan pemiliknya dalam hal ini adalah kita sendiri. Jadi jangan ragu untuk menggunakan profil kita untuk keperluan marketing di Facebook ini.
Dengan memakai identitas dan cara berkomunikasi dari diri kita sendiri maka orang mungkin akan terhubung dengan kita secara pribadi. Anda bisa menggunakan cara ini dengan membuat tombol follow dan membuat Facebook list untuk membantu mengelola privasi dengan profil pribadi. Dengan hal ini profil pribadi Anda akan lebih terlihat pada timeline orang daripada halaman bisnis kita dan pelanggan pun akan segera anda raih.