Dalam dunia bisnis memiliki website merupakan suatu hal yang penting untuk diperhitungkan. Website bagaikan rumah dimana Anda sebagai tuan rumah memiliki kebebasan penuh terhadap semua hal yang ada didalamnya. Apalagi jika anda ingin melakukan digital ads seperti sosmed ads maka penting bagi anda untuk memiliki website. Hal ini dikarenakan website menjadi tujuan akhir dari platform advertising dalam mengiklankan produk Anda.
Lalu Apakah Bisnis Anda Memerlukan Website?
Membangun website untuk bisnis memanglah tidak mudah dan memerlukan biaya yang mahal. Anda perlu melakukan perbaikan dan pengembangan minimal setiap sebulan sekali untuk terus mengupgrade fitur yang ada didalamnya. Namun Anda tidak perlu khawatir jika bisnis Anda tidak berkembang karena tidak mempunyai website. Anda perlu tahu bahwa tidak semua bisnis harus memiliki sebuah website karena hal itu bergantung dengan jenis bisnis yang Anda jalankan.
Cabang bisnis seperti retail memang tidak terlalu membutuhkan website untuk menunjang bisnisnya. Jika pun ingin memiliki website banyak sekali fitur pendukung yang harus dipikirkan seperti untuk transaksi, update stock barang dan masih banyak lagi. Semakin banyak fitur yang ada dalam website maka semakin besar juga anggaran yang perlu Anda persiapkan.
Maka dari itu banyak cabang bisnis retail lebih memilih bergabung dalam marketplace atau e-commerce seperti shopee, tokopedia dan lainnya untuk memasarkan produknya. Maka wajar saja pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin tinggi. Bahkan berdasarkan data dari Kominfo pada tahun 2019 pertumbuhan e-commerce di Indonesia mencapai 78% dan menjadi peringkat pertama di dunia.
Sayangnya ketika Anda memasarkan produk di marketplace terdapat banyak limitasi yang akan Anda temui. Salah satu limitasi yang akan Anda temui adalah limitasi dalam beriklan. Hal ini dikarenakan data serta sistem yang ada dalam marketplace bukan sepenuhnya milik Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sekarang terdapat fitur berupa iklan kolaboratif marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk mengiklankan produk Anda.
Mengenal Apa Itu iklan Kolaboratif Marketplace?
Mengiklankan produk sekarang ini merupakan kebutuhan dan keharusan yang harus dilakukan agar produk Anda lebih dikenal. Semakin produk itu dikenal bahkan bisa menjadi “Top of Mind” tentunya akan sangat membantu dalam meningkatkan penjualan. Maka tak heran kini cara, strategi, hingga platform beriklan semakin kreatif dan bervariasi.
Beberapa platform beriklan seperti sosmed ads hingga google ads telah meluncurkan jenis perikalanan untuk bisnis yang bergabung dimarketplace. Jenis periklanan ini dikenal dengan iklan kolaboratif marketplace. Konsepnya Anda, marketplace, dan platform iklan sekarang bisa saling berbagi data dan sistem untuk melakukan optimalisasi iklan.
Awalnya Anda harus mengajukan proposal terlebih dahulu ke marketplace yang Anda gunakan. Anda dapat menghubungi layanan pelanggan untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Ketika sudah disetujui oleh pihak marketplace maka nantinya Anda akan diberi akses ke sebagian data yang berhubungan dengan toko Anda.
Keuntungan Melakukan Iklan Kolaboratif Marketplace.
Melakukan iklan kolaboratif marketplace pada dasarnya hampir sama dengan melakukan iklan biasa. Bedanya Anda menggunakan marketplace sebagai pihak ketiga dan bukan website Anda sendiri. Lalu apa aja sih keuntungan melalukan iklan kolaboratif marketplace ?
Mensukseskan Event Harbolnas
Event harbolnas merupakan event yang sangat ditunggu-tunggu baik dari pihak konsumen hingga penjual itu sendiri karena banyaknya diskon yang diberikan. Untuk itu suatu toko harus mampu mempromosikan produknya pada event harbolnas agar konsumen mengetahui penawaran menarik apa saja yang ditawarkan. Dengan melakukan iklan kolaboratif marketplace ini, toko Anda akan memiliki kesempatan lebih besar dalam event harbolnas untuk meningkatkan trafik penjualan. Jadi Anda harus siap-siap lembur untuk mengurusi banyaknya orderan dari konsumen yang masuk di toko Anda.
Hasil Terukur
Dalam melakukan iklan kolaboratif marketplace ini Anda dapat menggunakan data tracking dari marketplace. Anda dapat mendapatkan data yang lebih lengkap seperti total pembelian. Data ini akan sangat membantu Anda dalam mengukur anggaran iklan yang sudah Anda keluarkan dengan hasil yang diberikan. Jadi Anda dapat mengevaluasi iklan seperti apa nantinya yang akan lebih mampu meningkatkan penjualan produk Anda.
Sistem Tracking Mudah
Ketika Anda melakukan iklan kolaboratif ini maka Anda sudah tidak perlu repot-repot memikirkan masalah tracking. Hal ini dikarenakan sistem tracking sudah diatur oleh tim marketplace yang pasti kemampuan IT nya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan bisa dikatakan sistem tracking yang dimiliki lebih canggih dan modern ditimbang website biasanya. Tentunya hal ini akan sangat membantu Anda dalam menghemat anggaran karena tidak memerlukan tenaga web developer, digital marketing dalam membantu bisnis Anda.
Iklan Menjadi Lebih Tepat Sasaran.
Strategi beriklan dalam menentukan target pada marketplace yang tidak mendukung kolaboratif biasanya hanya bisa Anda lakukan berdasarkan ketertarikan. Mungkin paling baik Anda hanya akan mendapatkan data engagement dari toko Anda. Tentunya kedua hal ini tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan strategi marketing. Namun ketika Anda melalukan iklan kolaboratif marketplace ini, maka Anda akan mendapatkan data pembeli hingga data orang-orang yang berinteraksi dengan produk Anda. Tentunya hal ini akan membantu Anda dalam menentukan target sasaran iklan.