Banyak pebisnis yang bertanya-tanya mengapa mereka harus menginvestasikan uangnya untuk menunjang dan dirasa perlu SEO pada website meski websitenya sudah berada di peringkat pertama. Padahal masih banyak strategi lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan omzet.
Faktanya, banyak perusahaan-perusahaan besar yang tetap melanjutkan SEO untuk websitenya. Mereka terus mengoptimalkan websitenya agar peringkatnya tidak turun dan tetap mudah dicari di search engine.
Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus melanjutkan SEO website meski sebenarnya sudah berada pada zona AMAN :
Pertama, sampai kapanpun SEO akan tetap berjalan. Meskipun data yang masuk ke mesin pencari terus bertambah, banyak studi kasus yang memverifikasi jika Anda fokus terhadap user experience untuk mengoptimalkan strategi SEO Anda, maka website Anda akan dihargai dengan posisi yang tinggi dan organik trafik. Organik trafik sendiri sangatlah penting karena organik trafik adalah trafik yang tepat sasaran dan didapatkan langsung dari mesin pencari. Meski dengan perkembangan jaman, SEO tidak akan berhenti. Karena semua pencarian di search engine tergantung pada kata kunci yang ditentukan. Hal inilah yang menjamin kesuksesan strategi SEO selama itu tetap dipasang.
Kedua, biaya yang cukup efektif. Jika dibandingan dengan biaya pemasangan iklan online seperti social media marketing atau iklan PPC, SEO memeberikan ROI yang cukup baik. Dengan iklan PPC mungkin Anda bisa mendorong pendapatan yang lebih banyak, namun dengan kehadiran SEO organik, akan menjadi landasan bisnis online Anda.
Ketiga, kompetitor Anda juga melakukannya. Perlu diingat bahwa SEO adalah strategi yang tidak akan pernah berakhir. Jika Anda tidak berusaha mempertahankan posisi Anda yang sudah AMAN itu, bisa jadi Anda akah kehilangan posisi tersebut. Sederhananya jangan abaikan strategi SEO untuk bisnis Anda dan jangan biarkan kompetitor bergerak lebih cekat dari Anda.
Keempat, meraih pangsa pasar yang lebih banyak. Sekitar 80% sampai 90% pelanggan memeriksa barang secara online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Apakah Anda ingin mereka menemukan bisnis Anda? Tanpa SEO bisnis Anda akan sulit ditemukan dan mereka lebih dahulu menemukan kompetitor Anda.
Dengan persaingan pasar yang bisa dibilang cukup ketat, menginvestasikan biaya untuk SEO merupakan salah satu hal yang penting juga. Bisnis Anda tentu membutuhkan strategi SEO untuk meraih kesuksesan. Semoga hal-hal diatas bisa membantu Anda untuk mempertimbangkan lagi “apakah masih perlu SEO atau tidak”.