Saat mendengar tentang aplikasi TikTok, apa yang berada di dalam benak Anda? Pernahkah Anda bertanya bagaimana cara orang-orang mendapatkan ide konten TikTok yang menarik?
TikTok dikenal sebagai salah satu platform sosial media dengan berbagai konten video di dalamnya. Pasalnya seperti yang kita ketahui, platform tersebut telah mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga menjadi raja sosmed saat ini.
Maka dari itu sebagai seorang pebisnis, Anda pastinya menilai platform tersebut sebagai peluang emas untuk memasarkan brand Anda bukan? Apalagi menurut DataIndonesia.id, data pengguna aktif TikTok di Indonesia saat ini telah menduduki posisi terbesar kedua di dunia.
Melihat betapa fantastisnya jumlah pengguna platform tersebut, tentunya membuat para pemilik brand harus segera berekspansi ke TikTok dan mulai membuat konten video brand mereka. Namun perlu diingat, bahwa dalam beriklan di TikTok juga tidak bisa sembarangan dan asal-asalan. Ini karena salah satu kunci keberhasilan beriklan di TikTok adalah membuat konten yang menarik dan juga konsisten.
Maka dari itu, Anda harus membuat perencanaan yang matang. Dengan adanya konten yang menarik, tentunya para penonton akan lebih terhibur dan penasaran sehingga ingin mencari tahu tentang brand Anda.
Nah, agar tidak bingung, berikut merupakan 5 ide konten TikTok untuk para seller yang wajib Anda coba!
Ide Konten Untuk Para Seller
Tampilkan Produk Terlaris
Pada ide konten TikTok ini, Anda dapat menampilkan produk atau layanan terlaris Anda kepada para pengguna TikTok. Fokuskan iklan dan tonjolkan keunggulan dari produk atau layanan tersebut dengan menjelaskan alasan kenapa produk atau layanan tersebut bisa populer.
Dengan penjelasan tersebut, audiens akan tertarik dan penasaran untuk mencoba produk atau layanan yang menjadi primadona bisnis Anda.
Contohnya:
- Berikan alasan mengapa ada begitu banyak orang yang membeli produk atau layanan Anda.
- Tampilkan produk yang digunakan, kemudian sorot spesifikasi terbaiknya.
- Awali konten dengan kalimat yang menarik perhatian dan sampaikan statistik unggulan kepada calon pembeli. Misalnya seperti “Hanya Dalam Hitungan Menit, Item Ini Telah Terjual Habis Hingga Ratusan Unit!”
Testimoni Pelanggan
Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan testimoni pelanggan sebagai ide konten TikTok. Melalui testimoni tersebut, Anda dapat membangun kepercayaan serta kredibilitas antara bisnis dengan audiens.
Ajak pelanggan yang merasa puas, untuk memberikan ulasan positif tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Selain itu, jangan lupa untuk meminta mereka agar menandai bisnis Anda dalam postingan ulasan tadi.
Jika Anda ingin memperkuat dampak dari ulasan online, bisa juga dengan memanfaatkan fitur bawaan TikTok seperti overlay teks dan voice over.
Ulasan dari pelanggan tersebut bisa membahas hal berikut:
- Hal apa yang meyakinkan pelanggan untuk menggunakan produk atau layanan Anda.
- Manfaat utama yang dirasakan pelanggan setelah membeli atau menggunakan layanan Anda.
- Kemudahan yang diberikan dari produk atau layanan Anda.
- Alasan kenapa orang lain harus ikut mencoba produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Behind The Scene
Ide konten TikTok ini, tentunya akan membuat para pelanggan menjadi lebih mengenal bisnis Anda. Kenapa demikian? Karena dengan adanya konten behind the scene, Anda dapat memperlihatkan bagaimana bisnis Anda berjalan setiap harinya.
Selain itu, para pengguna TikTok juga senang mempelajari cara pembuatan sesuatu. Hal yang terlihat biasa bagi Anda, bisa saja menghibur dan menarik bagi orang lain. Tunjukkan juga sisi manusiawi bisnis Anda, dengan memberikan audiens sedikit cuplikan behind the scene.
Contohnya:
- Tunjukkan bagaimana proses pembuatan produk Anda.
Konten ini dapat menarik perhatian audiens dengan menunjukkan betapa besar perhatian, usaha, dan ketelitian yang Anda berikan dalam memproduksi produk/layanan.
- Tampilkan rekaman saat proses pengemasan.
Ini merupakan kebalikan dari video unboxing atau membuka kemasan yang tentunya tidak kalah seru.
- Sajikan proses dibalik layar saat pengambilan foto, video, maupun pembuatan iklan. Apabila Anda berencana memproduksi konten untuk channel lain, gunakan peluang tersebut untuk membuat konten dibalik layar yang autentik.
Content List
Bisa dibilang, ide konten yang satu ini merupakan cara termudah bagi Anda untuk tampil di TikTok. Anda bisa membuat daftar hal yang ingin Anda sampaikan, baik tentang nilai jual utama ataupun berbagai cara penggunaan produk.
Informasi tersebut, disusun dalam format daftar yang bisa dijadikan template praktis untuk pembuatan konten di TikTok. Selain itu, melalui daftar tersebut, audiens juga akan mengingat kelebihan dari produk Anda dengan lebih baik.
Contohnya:
- Anda bisa membuat konten list yang menarik, misalnya seperti “5 Alasan Kenapa Anda Wajib Punya Produk Ini!”
- Atau “5 Cara Mix And Match dengan (produk pakaian atau aksesori)”
Daily Vlog
Terakhir, Anda dapat menunjukkan kepada audiens mengenai cara penggunaan produk atau layanan yang Anda tawarkan dalam rutinitas sehari-hari. Melalui perspektif ini, Anda dapat menyajikan manfaat produk dengan cara yang menarik dan relevan.
Contohnya:
- Tunjukkan produk serbaguna dengan berbagai manfaat untuk kehidupan sehari-hari.
- Beritahu bagaimana produk atau layanan Anda dapat berguna dalam rutinitas harian audiens.
- Tampilkan bagaimana produk atau layanan Anda bisa membantu dalam mengatasi tantangan harian.
Itulah 5 ide konten TikTok untuk para seller yang wajib Anda coba agar penjualan brand Anda semakin melejit. Bagaimana, sudahkah produk Anda siap untuk terjun ke dunia TikTok?
Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan emas ini ya! Karena saat Anda lengah, para kompetitor Anda pastinya sudah berekspansi ke ranah TikTok untuk meningkatkan popularitas brand mereka.
Jika Anda belum cukup yakin dapat menghandle konten TikTok bisnis Anda, maka cukup percayakan saja pada Herco Digital. Kini Anda tak perlu lagi berpusing ria, karena Herco Digital siap membantu Anda dalam menghandle itu semua!