Hari Belanja Online Nasional 2016, adalah event belanja terbesar yang diadakan tahunan dan merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu bagi e-commerce dan pecinta belanja online. Setelah sukses dirayakan pada tahun 2012, 2013, 2014, dan 2015, pada tahun ini Harbolnas akan diadakan selama 3 hari, yaitu dimulai pada tanggal 12, 13, dan 14 Desember 2016 dan itulah sebabnya tema Harbolnas pada tahun ini adalah hari #1212Sale. Sebanyak kurang lebih 200 e-commerce akan turut memeriahkan kampanye ini dan diskon yang ditawarkan bisa mencapai hingga 95%.
Perang diskon, memang akan selalu banyak ditemui di berbagai promosi pemasaran yang dilakukan oleh e-commerce besar, seperti BukaLapak, BliBli, Lazada, Elevenia, dan e-commerce lainnya. Tapi bagaimana dengan bisnis Anda? Terutama bagi Anda yang memiliki bisnis kecil yang harus bersaing dengan bisnis-bisnis besar seperti mereka, pastinya sangat sulit untuk menarik perhatian konsumen pada hari-hari Harbolnas. Maka dari itu, mari kita simak 6 strategi marketing yang bsia diterapkan untuk menghadapi Harbolnas 2016:
- Pahami prinsip mengenai COST LEADERSHIP
Ini adalah gagasan yang paling sederhana mengenai bisnis yang menawarkan produk atau jasa mereka dengan membuat harga yang paling rendah atau murah di pasar. Saat Harbolnas, apa yang menjadi perhatian konsumen produk dengan harga yang ‘murah’ atau bahkan ‘paling murah’. Dan untuk memenangkan perhatian para pecinta belanja online, Anda bisa mengatur biaya produksi agar Anda bisa menerapkan strategi ini. Gabungkan dengan peningkatan pelayanan Anda, maka pastinya cost leadership Anda bisa ikut mendominasi pasar.
Saat Harbolnas, Jika Anda bisa menawarkan produk atau jasa dengan harga yang paling murah dan sedikit mengurangi keuntungan dari produk, maka Anda akan mencapai volume penjualan yang maksimal seusai dengan target Anda.
- Buat LANDING PAGE yang efektif
Simpan waktu dan uang Anda untuk membuat landing page yang khusus untuk Harbolnas 2016, Anda hanya perlu membuat landing page yang spesifik tetapi tetap menampilkan ‘nilai’ dari bisnis Anda. Gunakan flash sale, kode promo, penawaran hadiah, pop up, countdown, video, dan fitur-fitur lain untuk landing page Anda. Dengan membuat landing page yang sesuai dan memastikan akan banyak konsumen yang melihatnya sebelum Harbolnas 2016, itu berarti Anda sudah mengiklankan penawaran yang akan Anda buat pada Harbolnas dan tentu itu ditujukan agar membuat para konsumen semakin tertarik dengan penawaran Anda.
Namun, jika Anda belum membuat landing page, Anda bisa membaca artikel mengenai 4 Cara untuk Membut Pengalaman Landing Page Lebih Relevan.
- Gunakan SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)
SEO adalah upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster atau seorang pemilik blog untuk meningkatkan visibilitas website atau blognya di halaman terdepan hasil pencarian di search engine seperti Google dan Bing. Pemahaman mengenai bagaimana konsumen melakukan pencarian, keywords yang digunakan oleh konsumen, dan cara kerja keywords sangat penting agar promosi Anda efektif di hari-hari Harbolnas 2016.
Dengan menggunakan SEO, memiliki arti bahwa Anda semakin membuka lebar peluang bisnis Anda untuk dikenal oleh konsumen. Setelah Anda selesai dengan SEO, halaman Anda akan berada di peringkat lebih tinggi pada halaman pencarian dan pastinya trafik Anda akan meningkat juga. Sementara ketika Harbolnas berlangsung, itu adalah saat-saat dimana penggunaan internet juga pasti akan meningkat. Jadi, kenapa tidak menggunakan SEO?
- Terbitkan PRESS RELEASE
Press release yang dibuat oleh organisasi press dan website, akan membantu SEO Anda dalam meningkatkan trafik organik. Dan pada waktu yang bersamaan, press release membantu dalam bisnis Anda untuk mendapatkan legitimasi dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand Anda. Selain itu, press release juga menguntungkan bagi pihak wartawan itu sendiri karena mereka dapat mengambil keunikan cerita Anda dan memprosesnya menjadi sebuah berita yang menarik. Maka dari itu, Anda perlu menunjukkan produk atau jasa Anda dari sudut yang menarik dan unik di hadapan publik.
- Gunakan EMAIL MARKETING
Email adalah metode komunikasi secara langsung dan jika Anda memiliki sebuah daftar subscriber, Anda bisa menghubungi mereka kapanpun Anda mau. Di dunia online, kedekatan adalah segala-galanya. Berikan konsumen Anda penawaran yang spesial di hari yang spesial. Dengan mengirimkan email secara langsung kepada konsumen, “Cepat! Beli Sekarang, Sebelum Kehabisan!”, Anda membuatnya merasa bahwa Anda telah membantu konsumen untuk mengingatkan mereka tentang penawaran Anda dan memberikan kesempatan untuk melakukan pembelian sebelum terlambat.
- Gunakan SOCIAL MEDIA
Social media tidak mungkin tidak digunakan untuk dijadikan media promosi e-commerce pada saat Harbolnas 2016. Ada beberapa hal-hal penting yang harus Anda perhatikan ketika Anda memilih media sosial sebagai media promosi Anda, yaitu:
- Gambar
Media sosial adalah medium visual yang melibatkan banyak gambar dan video dibandingkan teks. Karena konten visual bisa memberikan kesan yang mencolok pada konten dan selalu berhasil dalam menarik perhatian konsumen.
- Hanya memposting konten yang terbaik
Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki tawaran terbaik untuk dibagikan ke media sosial. Karena jika tidak, konsumen akan melewatkannya dan lebih tertarik dengan tawaran kompetitor.
- Waktu
Waktu adalah uang. Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk memposting iklan Anda di media sosial. Karena jika tidak, kemungkinan iklan Anda akan dilihat oleh khalayak luas tetapi tidak bagi target audiens Anda. Pada akhirnya, kegiatan promosi Anda akan sia-sia. Ketahui kegiatan sehari-hari dan kebiasaan target audiens Anda dalam menggunakan media sosial. Jika sudah, bukan tidak mungkin hal tersebut akan ‘meledakkan’ bisnis online Anda.