Artikel, Blog, Facebook, Facebook Ads

Facebook Marketing: Panduan untuk Pemula

Facebook marketing

Apa itu Facebook marketing?

Pertama, mari kita buat ini menjadi jelas untuk Anda. Facebook marketing tidak sama dengan Facebook advertising. Ya, tentu saja strategi Facebook marketing Anda dapat meliputi periklanan, tetapi Facebook adalah jejaring sosial yang seharusnya Anda gunakan untuk mengupayakan terjalinnya hubungan jangka panjang dan keterlibatan berkelanjutan melalui konten yang berkualitas dan bukan untuk membuat penjualan.

3 Tools untuk Digunakan dalam Facebook Marketing Anda

Dengan konsep tersebut, mari kita bahas 3 tools dalam Facebook marketing yang dapat Anda gunakan untuk terhubung dengan target audiens Anda dan cara menyesuaikannya dengan perencanaan Facebook marketing Anda.

1 – Pages

Bayangkan Facebook Page Anda sama dengan profil Facebook untuk bisnis Anda, dimana Anda dapat memposting konten, melibatkan para pengikut, dan pada umumnya berpartisipasi atas nama brand Anda dalam setiap pengalaman menggunakan Facebook. Tidak ada biaya apapun dalam membuat postingan di Facebook, jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan budget yang terbatas.

Tetapi perlu Anda ingat bahwa algoritma Facebook memprioritaskan konten dari teman-teman dan keluarga pengguna, jadi Anda tidak bisa beranggapan bahwa para pengikut akan melihat postingan Anda secara organik (itulah tugas Facebook advertising). Pengaturan Facebook Anda adalah langkah awal untuk membuat sebuah eksistensi bisnis Anda di Facebook. Anda akan membutuhkannya sebelum Anda bekerja dengan Facebook advertising.

2 – Groups

Facebook groups memungkinkan para penggunanya untuk saling berbagi informasi dan gagasan dengan pemikiran dan minat yang sama dalam sebuah lingkungan komunitas online. Membuat Facebook group dapat menjadi efektif untuk mengumpulkan pengikut Anda pada satu tempat dan mendorong mereka untuk saling berinteraksi, yang berarti Anda telah membangun komunitas aktif yang membicarakan brand Anda.

Membuat Facebook Group adalah salah satu kunci untuk mengetahui bagaimana respon para pengguna terhadap brand bisnis Anda. Komunitas ini seperti terfokus dengan jumlah anggota yang tidak terbatas dan Anda dapat bergabung dengan percakapan atau diskusi yang mereka buat. Pengusaha dengan pesan yang menarik, kepribadian, dan cerita brand yang dapat bermanfaat untuk followers Anda akan mendukung pertumbuhan jumlah anggota komunitas bisnis Anda.

3 – Ads

Seperti iklan pada umumnya, baik tradisional atau pun digital, Facebook advertising pada dasarnya adalah konten yang Anda bayar untuk dibagikan kepada para pengguna yang Anda targetkan secara spesifik. Semua ini mengenai cara untuk mendapatkan perhatian terhadap brand Anda dan mencapai target konversi.

Praktik Facebook Marketing Terbaik

Sekarang, setelah Anda memahami komponen dari Facebook marketing Anda, saatnya untuk menjelajahi lebih detail mengenai praktik Facebook marketing yang dapat membantu Anda memaksimalkan pengembalian investasi Facebook marketing.

Ketahui khalayak Anda

Tidak mungkin Anda bisa menargetkan pesan secara efektif jika Anda tidak mengetahui kepada siapa pesan tersebut ditujukan. Ketika Anda memulai perencanaan Facebook marketing pertama Anda, Anda mungkin tidak memiliki cukup informasi mengenai siapa yang mungkin akan terhubung dengan bisnis Anda di Facebook.

Gambaran keseluruhan mengenai demografis Facebook dan brand Anda sendiri adalah mengenai profil konsumen Anda yang dapat menjadi awal dalam mengidentifikasi siapa khalayak Anda sebenarnya. Kemudian, Anda dapat menggunakan Facebook Audience Insights (link) untuk menelusuri lebih detail tentang pelanggan potensial Anda. Facebook Audience Insights akan memberikan Anda informasi mengenai sekelompok pengguna dengan profil gender, pendidikan, status hubungan, lokasi, bahasa, penggunaan Facebook, dan bahkan kegiatan pembelian yang telah dilakukan pengguna.

Informasi mengenai profil khalayak Anda adalah hal yang terpenting untuk menentukan jenis konten Facebook yang paling sesuai dan efektif untuk brand Anda.

Jangan fokus pada penjualan

Facebook menginginkan newsfeed penggunanya terisi dengan konten yang mereka ingin like dan share, bukan postingan tentang penjualan. Dan itu adalah yang seharusnya menjadi fokus Anda. Likes dan shares membantu mengembangkan jangkauan Anda dan menempatkan brand Anda pada tampilan terdepan beranda Facebook yang tentu saja menarik perhatian pengguna, tanpa adanya upaya yang Anda lakukan untuk mengarahkannya langsung kepada mereka.

Posting konten terbaik Anda

Konten Facebook Anda haruslah yang terbaik untuk memotivasi pengguna terlibat dalam postingan Anda. Setelah Anda memulai untuk membagikan konten, Anda dapat menyesuaikan strategi berdasarkan respon yang diberikan khalayak Anda. Selain itu, Anda dapat menelusuri keterlibatan khalayak Anda dalam keterlibatannya dengan konten Anda di Facebook page dan ads melalui Page Insights (link) atau Business Manager.

Jangan lupa untuk memberikan respon

Tidak ada yang menyukai percakapan satu arah, termasuk pengikut Facebook Anda. Jika pengguna Facebook mencoba untuk memberi respon mengenai brand Anda, namun tidak ada feedback yang diharapkan oleh mereka, itu berarti Anda telah berlaku tidak adil pada mereka. Kemudian pengguna Facebook akan dengan cepat beralih pada konten yang menurut mereka lebih menarik dan interaktif.

Jadi, kunci Anda adalah respon, respon, dan respon. Itu adalah yang paling penting.

Posting pada waktu yang tepat

Dengan banyaknya konten yang tersedia di Facebook, kesempatan terbaik bagi konten Anda untuk mendapatkan banyak perhatian adalah ketika Anda mempostingnya di waktu-waktu mereka sedang aktif mengakses Facebook. Tentu saja pada awalnya akan berlaku trial and error, tetapi Anda bisa menggunakan data yang dikumpulkan dari Page Insights (link).

Ada banyak lagi yang hal yang bisa dipelajari mengenai Facebook marketing dan mungkin sedikit membutuhkan banyak usaha pada bagian permulaan. Tetapi kabar baiknya adalah Anda dapat memulainya tanpa melakukan pembayaran sepeserpun.