TikTok

Dalami Dulu Manfaat dan Cara Memasang TikTok Ads Sebelum Beriklan

Tik Tok Ads

Tik Tok kini menjadi salah satu media sosial populer yang banyak diminati oleh semua masyarakat baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Apakah Anda menjadi salah satunya?

Bahkan kini tak hanya orang biasa saja loh yang menggunakan aplikasi ini. Akan tetapi para Artis, Influencer, brand, perusahaan, instansi, hingga orang dari berbagai kalangan menggunakan TikTok. Terbukti dari beberapa akun milik brand, instansi atau perusahaan suka muncul di FYP (For Your Page). Pastinya FYP kalian juga pernah muncul video dari akun mereka kan?

Hal ini membuktikan bahwa Tik Tok memiliki potensi yang tinggi, apalagi  dibidang bisnis. Menurut data dari Hootsuite, terhitung hingga bulan September 2021, pengguna dari Tik Tok mencapai 1 milliar. Data pengguna Tik Tok yang besar ini tentunya menjadi peluang yang besar pula bagi para pemilik brand untuk meningkatkan brand awareness serta penjualan mereka.

tik tok ads

Source : Hootsuite

Nah, ternyata Hootsuite juga menjelaskan bahwa Tik Tok Ads sekarang mampu menjangkau audiens dewasa (18+)  yang sangat besar dengan perkiraan jumlah 825 juta audiens di seluruh dunia. Wahh menarik sekali bukan?

Saatnya Anda mengoptimalkan penggunaan TikTok untuk mencapai tujuan bisnis Anda, salah satunya bisa melalui fitur TikTok Ads. Menjalankan Tik Tok Ads ini akan sangat membantu bisnis Anda untuk menawarkan produk ke jangkauan yang lebih luas dengan sajian konten yang menarik.

Manfaat Menjalankan Tik Tok Ads

Lalu kenapa sih sebuah brand harus beriklan di Tik Tok Ads? Penjelasan berikut ini akan jadi jawabannya.

Mendapatkan Jangkauan Pasar yang Luas

Pengguna Tik Tok yang semakin banyak ini, secara perlahan telah mampu menggeser media sosial populer sebelumnya. Hal ini dapat membuat segmentasi hingga target pasar bisnis Anda menjadi lebih luas. Terlebih lagi jika target pasar Anda adalah kalangan Anak muda maka menjalankan Tik Tok Ads adalah pilihan yang tepat. Hampir setengah dari pengguna Tik Tok lebih tepatnya (43%) ialah kalangan muda dari usia 18-24 tahun.

Engagement Pengguna Tik Tok Tinggi

Nah, manfaat lain dari menjalankan TikTok Ads ialah tingkat engagement audiensnya yang tinggi. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bisnis Anda untuk lebih dikenal hingga bahkan meningkatkan tingkat penjualan.

Engagement yang tinggi ini menunjukkan bahwa pengguna Tik Tok memiliki keterlibatan secara aktif. Hal ini sesuai dengan data yang menjelaskan bahwa pengguna Tik Tok usia muda menghabiskan waktu 80 menit perhari dalam membuka Tik Tok. Wah menurut kalian benar nggak nih?

Nah, semakin aktifnya pengguna Tik Tok yang terlibat dalam suatu konten maka semakin bagus juga peluang bisnis yang diciptakan.

Jenis Iklan Bervariatif

Seperti pada platform lainnya, Tik Tok juga membuat inovasi yang kreatif dengan menghadirkan model iklan yang bervariatif. Memasang iklan di Tik Tok ini secara tidak langsung Anda juga akan menghadirkan sebuah konten yang bagus dan berkualitas. Dengan mengkombinasikan konten yang unik dan berkelas, maka Tik Tok bisa menjadi sebuah media pemasaran yang halus.

Uniknya iklan yang dijalankan di Tik Tok ini akan terlihat samar dan terkesan membaur selayaknya konten yang dihadirkan oleh pengguna Tik Tok lainnya. Hal ini akan membuat target pasar Anda mendapatkan berbagai insight menarik tanpa harus ada brand yang dipromosikan. Meskipun tidak secara gamblang menawarkan suatu produk ternyata cara ini cukup mampu menarik perhatian target pasar.

Cara Memasang Tik Tok Ads

Tik Tok terus berkembang tidak hanya sebagai media hiburan saja. Tapi kini Tik Tok telah berinovasi memunculkan format iklan yang dapat membantu suatu brand untuk lebih menjangkau target audiensnya. Untuk menjalankan iklan di Tik Tok, Anda dapat mengikuti tahapan dibawah ini.

Membuat Akun Tik Tok Ads Manager

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjalankan Tik Tok Ads ialah membuat akun Tik Tok Ads manager. Anda harus mengunjungi halaman Tik Tok for business kemudian klik get started. Nantinya Anda akan dialihkan pada halaman login. Saat Anda belum memiliki akun maka Anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu.

Membuat Campaign

Dalam membuat campaign di Tik Tok, Anda dapat masuk di dashboard Tik Tok Ads kemudian klik tap campaign yang berada di bagian atas halaman tersebut. Kemudian Anda dapat mengeklik tombol create dan create new saat halaman baru sudah terbuka. Pilih tujuan dari campaign yang dimana menjadi tujuan utama dari iklan yang Anda jalankan. Terdapat beberapa pilihan tujuan iklan yaitu awareness, reach, consideration, traffic, app install, video views dan conversion.

Menetapkan Pengaturan Penargetan

Langkah selanjutnya, Anda akan masuk dalam menu membuat grup klien atau yang dikenal dengan ad group untuk membuat campaign, penempatan hingga penargetan iklan. Nah, dalam fitur yang ada pada dashboard Tik Tok Ads Anda dapat memilih platform mana yang tepat untuk menjalankan iklan Anda.

Selain itu, terdapat juga fitur auto placement yang dimana nantinya Tik Tok akan menentukan penempatan iklan untuk mendapatkan hasil iklan yang baik.

Dalam membuat iklan di Tik Tok Anda harus memasukkan dan memperhatikan beberapa detail. Dalam menjalankan Tik Tok Ads Anda harus memasukan sebuah URL yang akan mengarah ke website atau toko online, nama tampilan, gambar hingga kategori-kategori yang sesuai.  Anda diberikan kesempatan untuk memilih sampai 20  keyword untuk menjelaskan situs atau aplikasi yang Anda miliki. Keyword ini digunakan untuk menentukan audiens mana yang cocok dengan produk Anda.

Untuk bagian penargetan sendiri Anda dapat menentukan target audiens untuk iklan yang Anda buat. Tetapkan target audiens berdasarkan gender, bahasa, minat, lokasi usia dan masih banyak lagi. Hal ini dilakukan untuk menyasar target audiens yang tepat.

Atur Budget dan Jadwal Penayangan

Setelah Anda membuat campaign serta pengaturan target maka selanjutnya ialah mengatur badget dan jadwal penayangan iklan. Anda bisa memilih penayangan iklan dalam sehari atau seminggu. Selain itu, menentukan anggaran harian ataupun anggaran total. Anggaran harian ini berarti jumlah anggaran yang akan Anda belanjakan setiap hari, sedangkan anggaran total berarti jumlah anggaran total untuk menayangkan iklan dalam jangka waktu tertentu.

Ketika semua tahapan ini sudah Anda lakukan maka Anda cukup menunggu iklan Anda mendapatkan persetujuan dari Tik Tok.  Setelah mendapatkan persetujuan Tik Tok maka iklan Anda akan ditayangkan dan dapat Anda pantau melalui dashboard.

Duhh Pusing Menjalankan Tik Tok Ads? Percayakan Saja Pada Herco Digital Indonesia

Bagaimana tertarik menjalankan Tik Tok Ads untuk mengembangkan bisnis Anda?

Menjalankan Tik Tok Ads sebenarnya tidaklah susah namun juga tidak mudah. Maksudnya bagaimana sih ini?

Untuk orang-orang yang tidak terlalu mengikuti perkembangan media sosial tentunya akan mengalami kesulitan untuk menjalankan iklan di Tik Tok. Apalagi banyaknya tahapan dan detail lainnya yang harus diperhatikan. Bukannya bisnis semakin berkembang malah bisa jadi Anda hanya melakukan hal yang sia-sia saja.

Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin menjalankan Tik Tok Ads karena Herco Digital Indonesia siap membantu Anda. Herco Digital Indonesia sendiri merupakan agency digital marketing berpengalaman yang telah banyak membantu banyak UMKM, perusahaan swasta hingga BUMN dalam melebarkan sayap bisnisnya.

Herco Digital Indonesia kini juga menawarkan jasa Tik Tok Ads lohh. Banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menjalankan Tik Tok Ads bersama Herco Digital Indonesia. Mulai dari rekomendasi strategi-strategi pembuatan konten iklan, optimasi peningkatan followers hingga pembuatan TikTok Shop. Wahh menarik sekali bukan?

Yuk segera konsultasikan kebutuhan Tik Tok Ads bisnis Anda hanya di Herco Digital Indonesia dan dapatkan penawaran menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *