Instagram adalah jejaring sosial dengan pertumbuhan paling cepat dibandingkan dengan jejaring sosial lain. Dan semua orang telah berusaha menemukan cara untuk mendapatkan keuntungan dari kemajuan tersebut. Kemudian mengarahkan pada pertanyaan: Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah “tanda” di Instagram?
Tentu saja, jawabannya adalah followers, yaitu sebuah metrik khusus untuk menyatakan seberapa terkenalnya Anda. Sedangkan bagi suatu brand, hal tersebut menunjukkan seberapa banyak orang yang akan melihat semua gambar produk yang dipublikasikan. Semakin banyak followers, semakin baik.
Jadi, pertanyaan lainnya adalah: Bagaimana Anda bisa mendapatkan lebih banyak followers Instagram? Seperti akun Instagram lainnya, akun bisnis Anda juga harus dapat terlihat unggul di mata para pengguna Instagram. Semakin banyak perhatian dan ketertarikan konsumen terhadap akun Instagram Anda, secara signifikan akan meningkatkan rating konversi Anda. Dan berikut ini adalah cara untuk mendapatkan lebih banyak followers Instagram dengan mudah dan cepat:
- Berikan konten yang konsumen Anda sukai
Temukan apa yang konsumen Anda sukai untuk dilihat di Instagram mereka dengan cara melihat apa yang dipublikasikan oleh kompetitor Anda. Atau Anda juga dapat melihat akun Instagram dari industri sejenis dengan bisnis Anda untuk melihat blog atau gambar apa yang paling popular di antara semuanya.
Ada beberapa jenis gambar yang sering mendapat perhatian, yaitu: poster dengan kutipan inspirasi atau lelucon, food photography, atau foto lokasi dan pemandangan. Yang terpenting, Anda tidak benar-benar mengambil resiko “oversharing”. Oversharing berarti Anda kehilangan partisipasi konsumen karena konten Anda terlalu off topic dan membingungkan sehingga sulit untuk membangun audiens secara konsisten.
- Posting secara teratur
Posting gambar Anda secara teratur setiap 3 atau 4 jam dalam sehari, tetapi jangan terlalu banyak gambar dalam sekali posting. Karena pengguna Instagram akan merasa terganggu dan menganggap postingan Anda adalah spam. Tetaplah konsisten, jika tidak maka banyak pengguna yang tidak akan bersedia untuk follow akun Anda.
Anda bisa membuat jadwal posting dengan menggunakan tools seperti Latergramme. Tetapi perlu diingat, Anda hanya bisa membuat postingan melalui perangkat mobile atau app. Setelah login melalui website, Anda tidak dapat memposting apapun.
- Buat Call-To-Action yang kuat pada biografi Anda
Di Instagram, bio adalah hal yang sangat penting, dan pada bagian ini buatlah sebuah CTA yang kuat, dimana pesan pemasaran Anda tersampaikan untuk mendorong para pengguna melakukan sesuatu seperti yang Anda inginkan. Buat sebuah pesan yang tidak lebih dari 150 karakter, sehingga terlihat sederhana dan terbaca dengan jelas.
- Gunakan Hashtag
Hashtag, yaitu kata kunci yang didahului dengan tanda #, adalah cara untuk mengarahkan para pengguna Instagram ke topik yang mereka inginkan. Itu berarti dengan menggunakan #hashtag akan memungkinkan konten Anda ditemukan dengan mudah bagi pengguna yang belum mengikuti akun Instagram Anda.
Ketahui terlebih dahulu hashtag yang paling banyak digunakan oleh niche Anda kemudian mulailah menyusunnya. Seperti halnya dengan Anda membuat daftar kata kunci yang Anda temukan memiliki keterkaitan dengan apa yang dilakukan oleh bisnis Anda dan pesan yang Anda sampaikan melalui gambar.
Jangan menyertakan hashtag pada deskripsi gambar, melainkan letakkan pada bagian kolom komentar. Meletakkan hashtag pada kolom komentar akan menyembunyikan daftar kata kunci Anda setelah yang lainnya juga menambahkan komentar. Selain itu, ini dilakukan agar deskripsi gambar Anda tidak memuat terlalu banyak teks.
- Buat CTA pada setiap gambar yang diposting
CTA merupakan salah satu cara untuk mengingatkan pengguna tentang adanya kesempatan yang bisa mereka manfaatkan dengan mengambil sikap. Pastikan CTA Anda pada deskripsi gambar berbeda dengan CTA yang berada di bagian bio. Karena apa yang menjadi tujuan Anda disini adalah untuk mendapatkan lebih banyak partisipasi yang dilakukan oleh para pengguna dengan memberi like, comment, dan share.
Contoh CTA yang umum digunakan di Instagram adalah “tag your friends who are like this”, atau “double tap if you agree”. Selalu berikan pada pengikut Anda dengan sesuatu yang bisa mereka lakukan.
- Follow akun lainnya
Salah satu kunci dari content marketing adalah mengikuti apa yang orang lain berikan. Di dalam Instagram marketing tidak ada bedanya. Anda dapat menggunakan tool Crowdfire untuk memungkinkan Anda melihat brand atau orang yang di follow oleh target audiens Anda. Tools ini juga mempermudah Anda untuk unfollow akun yang tidak balik me-follow Anda.
Tujuan penggunaan tool tersebut adalah untuk menemukan sekumpulan orang yang mungkin akan tertarik dengan brand Anda. Atau Anda dapat me-follow akun followers yang mengikuti akun bisnis yang sejenis dengan milik Anda. Selama menggunakan instagram, Anda hanya diperbolehkan melakukan 140 tindakan (termasuk follow dan unfollow).
- Network, network, dan network
Ada beberapa akun yang bersedia melakukan “share untuk share”, sehingga konten Anda dapat muncul pada akun lain. Hal yang sama juga Anda lakukan untuk mereka yang bersedia memposting konten Anda di akun Instagram yang berbeda. Kemungkinan yang dapat terjadi adalah mungkin Anda atau mereka tidak mendapatkan respon yang sesuai dengan keinginan. Jadi, sebaiknya Anda hanya mencari akun-akun sejenis dengan akun Anda dan tidak terlalu mengharapkan timbal balik yang besar dari akun Anda.
- Instagram shoutouts
Pada langkah ini membutuhkan sedikit pengeluaran untuk membayar akun yang popular di Instagram mempromosikan bisnis Anda. Anda akan mendapatkan jaringan yang lebih luas. Ketika Anda mulai melakukan ini, mungkin akan terkesan sedikit mengintimidasi akun popular untuk melakukan promosi bisnis Anda. Tetapi keuntungan yang Anda peroleh nantinya akan sangat besar.
Pastikan Anda memilih akun yang tepat. Jika Anda memilih berdasarkan jumlah followers atau tema yang sebenarnya tidak sesuai untuk bisnis Anda, maka apa yang Anda lakukan sama saja dengan membuang-buang waktu dan uang. Karena tidak ada jaminan bahwa promosi yang dilakukan oleh akun popular membuat ROI Anda menjadi lebih baik.