Instagram merupakan salah satu platform sosial media yang terkenal di seluruh dunia. Menurut data yang dirilis oleh Napoleon Cat, di Indonesia sendiri pengguna instagram telah mencapai 69.5 juta pengguna untuk periode Januari – Mei 2020. Banyaknya jumlah pengguna Instagram ini, para pemilik usaha atau pebisnis mulai memanfaatkan Instagram sebagai media promosi usaha mereka. Dengan peluang sebesar ini, pemilik usaha perlu mengetahui cara menulis bio dengan baik pada profil Instagram mereka. Karena disamping konten foto atau video yang menarik, profil Instagram dengan settingan yang baik akan mampu mendatangkan lebih banyak follower. Instagram sendiri memberi batasan sejumlah 150 karakter dalam penulisan bio Instagram bisnis. Maka dari itu, penulisan bio ini perlu dilakukan dengan singkat, padat, dan jelas, agar para pengunjung profil Instagram anda nantinya tertarik dengan usaha anda.
Berikut ini cara menulis bio Instagram bisnis yang dapat menarik banyak pelanggan :
1. Penjelasan secara singkat disertai dengan kontak bisnis
Di Indonesia, kebanyakan orang yang menyukai sebuah produk akan mencoba mencari kontak penjual untuk bertanya – tanya mengenai produk atau melakukan order dibandingkan harus membeli lewat website. Maka dari itu tidak heran jika tipe bio ini paling sering digunakan oleh para pemilik bisnis online di Indonesia. Sedikit saran, ada baiknya jika setidaknya terdapat 3 akses komunikasi yang sering digunakan oleh para masyarakat di Indonesia, seperti LINE, WhatsApp, dan juga no telepon.
2. Menampilkan penawaran spesial
Banyak pemilik usaha online yang menyiasati keterbatasan penggunaan karakter di Instagram ini dengan langsung menjual produk mereka ke calon pelanggan. Selain dapat mengajak para calon pelanggan untuk membeli produk usaha, cara penulisan bio yang satu ini juga dapat berguna untuk mendapatkan lebih banyak leads.
Penulisan bio ini dapat dilakukan dengan cara menggabungkan deskripsi usaha anda dan mengajak para pengunjung profil untuk mengklik link yang ada dibawahnya. Link ini dapat diarahkan ke penawaran spesial yang anda tawarkan, seperti kupon diskon, coba trial, dan lain sebagainya. Hal ini biasanya juga dilakukan untuk menyiasati profil usaha yang terlalu kaku. Apabila anda akan menggunakan cara yang satu ini, ada baiknya jika anda mencoba untuk membuat penawaran berkala agar para follower terus mengunjungi profil anda untuk dapat melihat penawaran – penawaran terbaru.
3. Menggunakan bahasa yang friendly
Batasan 150 karakter memang terlihat sedikit untuk dapat mendeskripsikan profil usaha anda, tetapi jika kita dapat menggunakannya dengan baik sebenarnya 150 karakter ini sudah cukup. Dengan memasukkan sedikit unsur komedi pada bio anda akan membuat bio anda terkesan lebih friendly. Hal ini sangat cocok untuk bisnis – bisnis yang ingin memiliki hubungan yang lebih dekat dengan para customernya. Di Indonesia sendiri cara penulisan bio yang satu ini jarang diterapkan, padahal cara ini cukup efektif untuk menarik banyak pelanggan
4. Menggunakan emoji
Penggunaan emoji seringkali berpengaruh pada engagement dalam sebuah postingan di media sosial. Selain itu, cara penulisan bio yang satu ini juga dapat menampilkan kesan “bersahabat” untuk brand anda. Dengan menggunakan emoji, bisnis anda akan dianggap tidak terlalu kaku. Penulisan bio yang satu ini bisa saja kurang cocok untuk beberapa brand. Hal ini karena penggunaan emoji juga dapat memberikan kesan kurang profesional. Jadi, untuk bisnis – bisnis dengan target market yang lebih formal ada baiknya tidak menggunakan cara penulisan bio yang satu ini.