Facebook Ads

Cara Menggunakan Facebook Pixel untuk Kampanye Iklan di Facebook

facebook pixel

Ada tiga hal penting dalam menggunakan Facebook Pixel, yaitu: 1) Tracking (menelusuri performa kampanye, misalnya… Anda dapat menelusuri jumlah leads atau penjualan yang dihasilkan dari iklan-iklan tertentu); 2) Optimasi (membuat konversi kampanye Facebook yang lebih tinggi dengan fokus pada kegiatan tertentu); 3) Retargeting (mengumpulkan orang-orang yang telah mengunjungi website Anda, menargetkan kembali melalui saluran penjualan);

1.Tracking

Cara terbaik untuk menelusuri kegiatan apa yang bisa menghasilkan keuntungan untuk iklan Facebook Anda adalah dengan menggunakan custom conversion. Custom conversion dapat Anda temukan di menu Business Manager. Tetapi sayangnya, Anda hanya bisa membagikan 40 custom conversions per akun Facebook. Dan jika Anda ingin menggunakan custom conversion agar kegiatan pemasaran Anda sukses, seperti menghasilkan lead atau pembelian produk, maka Anda perlu mengaturnya untuk URL dari halaman situs yang dikunjungi oleh sebagian besar pengguna dimana kegiatan mereka sedang Anda lacak.

Misalnya, jika Anda ingin menelusuri leads, Anda akan membuat custom conversion berdasarkan situs yang akan dikunjungi oleh pengguna setelah mereka memasukkan informasi kontak mereka. Satu-satunya cara agar pengguna bisa mencapai halaman ini adalah hanya jika memilih Facebook sebagai informasi kontak mereka. Dengan menggunakan custom conversion, Anda bisa melacak jumlah konversi, cost per conversion, dan nilainya.

Jika Anda menjalankan konversi kampanye website Anda, pastikan Anda menggunakan pilihan customize columns untuk melihat hasil kampanye Anda. Banyak yang menganggap bahwa “konversi” yang dilaporkan di dalamnya adalah custom conversion dari apa yang sedang mereka optimalkan. Padahal sebenarnya, Facebook menyatukan semua konversi yang dihasilkan oleh para pengguna yang terpengaruh dengan kampanye tertentu.

2.Optimasi

Dengan menggunakan custom conversion, Anda juga bisa memberitahukan Facebook mengenai apa yang Anda inginkan. Ketika Anda mengatur kampanye iklan di Facebook, Facebook akan menanyakan tujuan kampanye Anda: apakah untuk meningkatkan konversi website? Apakah untuk mempromosikan katalog produk? Atau untuk membuat pengguna Facebook mengunjungi toko Anda?

Jika Anda sedang mengalirkan trafik ke dalam kegiatan sederhana, seperti Lead Magnet atau sign up webinar, gunakan pilihan “untuk meningkatkan konversi website Anda”. Anda dapat mengoptimalkan custom conversion yang sudah Anda buat untuk melakukan pelacakan atau tracking. Jadi kita akan menggunakan custom conversion yang ada di situs-situs yang dikunjungi pengguna secara langsung setelah mereka opt-in ke dalam lead magnet Anda. Sebenarnya, Anda tidak hanya memberitahu Facebook mengenai apa yang Anda inginkan dari kampanye tersebut, tetapi Anda juga sedang mengumpulkan data.

3.Retargeting

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Facebook Pixel adalah bisa digunakan untuk membuat penargetan audience kembali. Anda bisa membuatnya dengan memilih “Audiences” pada menu Business Manager. Pertama, Anda bisa menargetkan kepada siapa pun yang mengunjungi website Anda dari keseluruhan pixel yang Anda terapkan pada multiple website Anda. Kedua, Anda bisa menargetkan pada orang-orang yang mengunjungi halaman situs tertentu, seperti halaman situs produk, halaman komunitas, halaman blog, atau halaman yang lain, itu adalah pilihan yang harus Anda tentukan. Ketiga, Anda bisa menarget orang-orang yang hanya mengunjungi halaman yang spesifik.