Tahun Baru sudah di depan mata. Tetapi liburan tahun baru bisa saja sulit karena banyak orang yang menghabiskan waktu mereka untuk libur Natal. Dan tentu saja, Anda masih harus melanjutkan direct mail dan kampanye pemasaran lainnya, tetapi liburan tahun baru juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk membentuk kembali bisnis Anda sehingga Anda dapat menunjukkan kehadiran yang baru dan mendapatkan lebih banyak penjualan.
Dalam rangka resolusi Tahun Baru yang bersemangat, berikut adalah 5 tips kampanye marketing yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda:
- Update citra brand Anda
Jika Anda sudah merencanakan untuk memperbarui atau rebranding produk atau jasa Anda secara keseluruhan, Tahun Baru adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Perbarui desain logo, website, media sosial, blog, email, dan tool marketing lainnya untuk memperlihatkan pada pelanggan semangat resolusi Tahun Baru Anda. Luncurkan gambar ucapan selamat Tahun Baru kepada konsumen Anda dan tanyakan pada mereka apa resolusi mereka untuk 2017 mendatang. Hal ini dilakukan untuk menjalin komunikasi yang lebih dekat dengan konsumen Anda.
- Ubah desain website Anda
Meskipun Anda tidak memiliki rencana untuk mengubah atau rebranding brand bisnis Anda, Anda seharusnya berupaya untuk membuat sebuah tampilan baru yang jauh lebih baik dari tampilan yang sebelumnya. Seperti yang telah disinggun sebelumnya, Anda bisa mendesain ulang desain Anda dan perhatikan apakah website Anda dapat menawarkan bisnis Anda dengan cara yang lebih sederhana dan mudah pada konsumen.
Selain itu, website adalah tempat dimana segala informasi mengenai brand bisnis Anda berpusat. Semua email, media sosial, video, dan kampanye offline akan selalu mengarah pada website Anda. Untuk menghindari konsumen yang bosan dengan tampilan Anda, tawarkan sesuatu yang baru dimulai dari website Anda disertai penawaran penjualan produk baru pertama Anda pada konsumen.
- Pertimbangkan peluang kampanye marketing yang kreatif
Persaingan perusahaan sekarang semakin ketat, tetapi media online bahkan telah membuatnya lebih sengit dan ketat lagi. Tahun baru kali ini, ribuan bahkan jutaan website lain juga akan bersaing dengan Anda untuk mendapatkan perhatian pasar. Oleh karena itu, branding dan targeting menjadi penting untuk saat ini. Jika Anda bisa meraih konsumen yang loyal pada tahun ini, maka Anda dapat dengan mudah mendapat keuntungan. Jadi, bagaimana jika Anda merancang sebuah kampanye pemasaran untuk mendapatkan lebih banyak konsumen yang loyal? Ya Anda benar, semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.
Sementara perusahaan lain sibuk merancang direct email, media sosial, dan kampanye pemasaran online selama tahun berikutnya, Anda dapat merencanakan membuat sebuah kampanye offline yang kreatif untuk mendapatkan lebih banyak perhatian. Kampanye marketing offline yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengadakan suatu event kreatif. Misal, promosi peluncuran produk dengan melibatkan teknologi augmented reality, video mapping, dan lain-lain.
- Membentuk komunitas pelanggan
Anda harus tahu bahwa untuk mengembangkan bisnis Anda, itu berarti Anda perlu membuat sebuah jaringan. Promosi tentu saja penting untuk keberlangsungan bisnis Anda, tetapi komunikasi dua arah dengan pelanggan Anda adalah hal yang paling penting. Melalui komunitas, pelanggan Anda dapat saling berinteraksi, dengan sesama pelanggan lain dan Anda secara langsung. Bahkan dengan adanya komunitas, Anda bisa menjual produk Anda tanpa harus melakukan promosi.
Ada banyak cara yang digunakan untuk membentuk sebuah komunitas pelanggan. Dimulai dari fokus terhadap kebutuhan pelanggan karena komunitas ada karena masing-masing anggota memiliki ketertarikan dan minat yang sama, membuat sarana khusus seperti group Facebook, Instagram, dan lain-lain, dan membuat suatu kegiatan atau gerakan yang melibatkan anggota komunitas secara aktif.
- Rayakan tahun baru dengan penjualan ‘pertama’
Meskipun Anda sibuk mengembangkan bisnis Anda untuk keberhasilan di masa depan, Anda masih harus memasarkan produk Anda kepada pelanggan. Buat promosi unik dan kreatif untuk penjualan pertama Anda dengan menawarkan pengalaman produk atau jasa pada konsumen. Jika promosi Anda menarik banyak minat konsumen, tidak hanya penjualan yang akan meningkat bahkan Anda akan mendapatkan publikasi secara gratis dari media massa yang menyoroti bisnis Anda.