Facebook menyediakan beberapa sarana atau tools, yang dapat Anda gunakan untuk beriklan. Dengan Facebook Ads, Anda dapat memilih tipe audience yang ingin dijangkau dan Facebook akan menyampaikan iklan Anda kepada mereka. Hal ini membuat iklan Anda lebih relevan bagi orang-orang yang melihat iklan Anda dan mengarahkan pada hasil yang nyata pada bisnis Anda. Bagi Anda yang peduli dengan penghematan waktu dan anggaran.
Berikut ini beberapa sarana Facebook Advertising yang bisa Anda pertimbangkan :
1. Facebook Ads Manager
Melalui Facebook Ads Manager, Anda dapat mengakses ke semua sarana yang diperlukan untuk menargetkan iklan dengan maksud untuk menjangkau target audience Anda. Tool ini adalah tool yang paling dasar namun tidak berarti tidak memiliki apa-apa untuk ditawarkan. Jika Anda berencana beriklan dengan menggunakan Facebook Ads, Anda harus memahami bagaimana menggunakannya. Ada lima langkah untuk memulai dengan Facebook Ads, yaitu membuat Facebook Page atau menggunakan page yang sudah ada, menyediakan informasi mengenai apa yang ingin Anda promosikan, memilih target audience yang tepat untuk iklan Anda, mengatur keuangan, dan ikuti hasilnya.
2. Facebook Ads manager App
Ada miliaran pengguna smartphone di seluruh dunia yang diharapkan terus berkembang semakin besar pada tahun-tahun berikutnya dan Facebook memahami ini. Oleh karena itu, perusahaan telah berdedikasi kepada banyak sumber daya untuk menyediakan pengalaman mobile yang berkesan. Dengan menggunakan aplikasi ini, pemasar memiliki kesempatan untuk menelusuri performa iklan, mengedit iklan yang sudah ada, mengedit jadwal dan anggaran, membuat iklan, dan menerima pemberitahuan.
3. Qwaya
Salah satu platform teratas untuk membuat kampanye iklan Facebook, adalah Qwaya yang telah sering digunakan oleh para pemasar profesional. Ada banyak fitur dalam platform ini, namun kita akan berfokus pada dua fitur saja, yaitu:
- Ads A/B Testing
Fitur ini membantu Anda untuk mengetahui anggaran yang mungkin akan Anda keluarkan untuk pemasangan iklan pada waktu kedepannya. Dengan Qwaya, Anda bisa menguji setiap variabel yang ada, untuk memastikan Anda mengetahui performa iklan yang paling baik sepanjang waktu.
- Schedulling
Semakin banyak kampanye yang Anda jalankan, tanpa memperhatikan platform, akan menyulitkan untuk menelusuri kampanye mana yang aktif dan mana yang tidak. Schedulling memungkinkan Anda untuk menjadwalkan kampanye pada waktu ketika ROI Anda mencapai tingkat yang tertinggi. Jadi, kenapa menjalankan iklan ketika target audience Anda sedang tidak online atau sibuk? Anda perlu menjadwalkan iklan kampanye Anda berdasar pada jadwal keseharian target audience Anda.
4. AdEspresso
Tools ini adalah tools yang paling sederhana dan jelas digunakan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, pengalaman, atau wawasan dalam menggunakan Facebook Advertising Tools. Hanya memerlukan beberapa menit untuk memulai, sedikit pembelajaran kurva, dan hasil yang mencengangkan. Informasi yang disajikan sangat jelas, dapat ditindaklanjuti, dibuat dengan sederhana agar mudah memahami cara kampanye Anda teroptimisasi. Jika Anda ingin sesuatu yang lebih detail, Anda dapat mengakses setiap ukuran yang tersedia pada Facebook dan masih banyak lagi yang lainnya dalam AdEspresso.
5. Hootsuite Ads
Anda tidak bisa membantah fakta mengenai Hootsuite yang menjadi salah satu nama layanan media daring yang terhubung dengan berbagai situs media sosial lainnya, yang terbesar dengan jutaan brand dan individu yang menggunakannya untuk menjadwalkan informasi-informasi terbaru. Hootsuite memungkinkan Anda untuk menaikkan level iklan kampanye Facebook Anda ke level berikutnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai Hootsuite:
- Kemampuannya untuk membuat iklan secara cepat,
- Secara otomatis aplikasi ini akan memindai Facebook Page Anda, untuk mencari postingan yang terbaik dalam rangka promosi ke target audience Anda.
- Membantu dalam menentukan tujuan untuk masing-masing iklan, sehingga Anda bisa menyesuaikan kampanye Anda untuk mencapai hasil yang maksimal.
- Mengembangkan fitur manajemen iklan, sehingga Anda penggunaan waktu iklan yang sedikit dan Anda lebih terfokus dengan bisnis Anda. Jadi, Anda dapat mengakses ke lokasi sentral untuk mengatur pembayaran dan konten organik.