Hanya dalam 6 tahun, Instagram telah banyak mengalami perubahan. Mulai dari sekedar sebuah aplikasi berbagi foto hingga menjadi salah satu media sosial yang sangat membantu pemasaran. Beberapa brand terkenal seperti National Geographic, Coca-Cola, Nike, telah menggunakan platform ini untuk membangun gebrakan promosi dan memperkuat hubungan dengan konsumen. Keunggulan yang dimiliki Instagram adalah kesederhanaan yang benar-benar bersifat visual-sentrik.
Instagram merupakan platform yang sempurna untuk terhubung dengan konsumen Anda secara visual dan untuk menyempurnakan kampanye media sosial Anda. Sementara terkadang kita mengira bahwa Instagram adalah platform yang digunakan oleh brang besar dan berskala internasional, tetapi ternyata dapat menjadi platform yang ideal digunakan untuk brand lokal. Hanya saja, memerlukan teknik yang sedikit berbeda.
Dan berikut ini adalah 18 hal yang perlu Anda ketahui untuk melakukan kegiatan pemasaran melalui Instagram agar mendapatkan efektivitas yang maksimum:
1 – Sertakan lokasi Anda di bio
Bagi pemula, bio Anda perlu terlihat jelas tentang lokasi dimana Anda berada. Anda tidak memiliki ruang yang cukup banyak di deskripsi, tetapi Anda dapat memberikan keterangan tempat pada baris pertama, dan sesuatu yang ditawarkan di bisnis Anda pada baris kedua.
2 – Memposting gambar-gambar lokal
Kunci dari kampanye pemasaran yang efektif adalah mengetahui siapa khalayak sasaran Anda dan memulai semuanya dari mereka. Sebagai bisnis lokal, Anda mungkin menyesuaikan kampanye Anda dengan khalayak yang dibatasi oleh area geografis, dan Anda mencoba untuk mencapai wilayah atau kota tersebut. Salah satu cara yang terbaik untuk mendapatkan perhatian demografis Anda adalah dengan memberikan gambar pemandangan di sekitar kota yang Anda target.
Misalkan, Anda ingin menyasar kota Semarang, maka gambar yang Anda posting di Instagram berkaitan dengan tempat-tempat yang dikenal masyarakat Semarang, misal Lawang Sewu, Tugu Muda, Simpang Lima, dan lain-lain. Meskipun pengguna yang berada di luar kota mungkin tidak akan terpengaruh denga postingan Anda, tetapi pengguna yang berada di sekitar (lokal) yang Anda targetkan tentunya akan terpengaruh. Hal ini akan membantu Anda menciptakan sebuah autentisitas, membangun koneksi, dan menunjukkan kebanggaan Anda atas kualitas brand lokal.
3 – Menggunakan video
Video Instagram seringkali mendapatkan lebih banyak perhatian dibandingkan gambar dan mendorong adanya partisipasi untuk membagikan, memberikan like, dan memberikan komentar. Anda dapat memanfaatkannya dengan membuat konten video yang berkualitas di selingi gambar-gambar yang lain. Sebuah ide yang bagus dan kreatif adalah nilai tambah atas usaha Anda untuk mendapatkan lebih banyak perhatian konsumen.
4 – Menggunakan hastag lokal
Hashtag merupakan cara termudah untuk memastikan bahwa gambar Anda dapat ditemukan oleh para pengguna Instagram. Selalu sertakan hashtag yang mengarahkan pada lokasi bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat menyebutkan nama jalan atau tempat, seperti #MTHaryono, #MataramPlaza, #HeroSoftMedia, dan lain-lain.
5 – Mengikuti akun tokoh terkenal di area lokal
Apa yang Anda ingin lakukan dengan pemasaran Anda via Instagram dalam membentuk sebuah komunitas? Langkah pertama adalah untuk memulainya adalah mengikuti akun brand bisnis atau tokoh terkenal di area lokal Anda. Idealnya, mereka memiliki hubungan dengan produk atau jasa Anda. Hal ini dilakukan untuk membangun ekuitas brang bisnis Anda di daerah tertentu dan mendapatkan prospek bisnis Anda untuk dikenal masyarakat.
6 – Terlibat dalam akun bisnis atau figur tersebut
Akan lebih baik jika Anda bersedia bekerja sama dengan bisnis lokal sejenis atau figur terkenal di area lokal Anda. Mulailah untuk menghubungi mereka terlebih dahulu. Hal ini terutama penting dilakukan untuk brand yang baru dan belum dikenal oleh banyak orang. Mulailah untuk memberikan like dan komentar di foto mereka, bahkan jangan lupa untuk membalas komentar mereka di postingan Anda.
7 – Bekerja sama dengan brand lokal lain
Jangan menganggap bisnis lain adalah pesaing Anda, melainkan mereka sebagai rekan bisnis Anda. Anda menjangkau brand lokal lain untuk melihat apakah mereka bersedia melakukan cross-promotion bersama Anda. Misalnya, ada dua restoran lokal dengan akun Instagram yang saling memposting promosi menu terkenal. Hal ini tidak hanya akan berarti saling membantu dalam meningkatkan visibilitas, tetapi juga meningkatkan rasa “lokal” brand masing-masing.
8 – Newsjacking
Istilah newsjack dikenalkan oleh HubSpot, sebagai praktik yang memanfaatkan popularitas peristiwa atau event untuk meningkatkan penjualan dan keberhasilan pemasaran Anda. Jika di kota Anda sedang terjadi suatu fenomena terkenal, Anda dapat melakukan newsjack dengan membuat video klip singkat, berpartisipasi dalam event, dan ikut mengambil bagian dalam event.
9 – Memanfaatkan photo map
Photo map adalah fitur yang keren untuk menunjukkan lokasi tempat Anda mengambil gambar. Anda hanya perlu geotag gambar-gambar Anda. Hal ini jelas sangat berguna dari perspektif pemasaran lokal karena Anda memperjelas letak dimana bisnis Anda berada. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh loyalitas konsumen. Hanya pastikan bahwa Anda tidak hanya geotagging alamat fisik bisnis Anda, tetapi geotag gambar-gambar dari lokasi lain yang berbeda.
10 – Membuat duta brand lokal
Bukti sosial adalah alat yang sangat kuat untuk bisnis lokal. Ketika Anda dapat menciptakan sebuah duta brand lokal yang dapat meningkatkan brand Anda di Instagram dan situs media sosial lainnya, secara pasti ekuitas brand Anda juga akan meningkat. Salah satu cara untuk mendapatkan duta brand lokal adalah dengan bekerja sama dengan figur yang terkenal di kota Anda, atau Anda dapat membuat lomba yang mendorong para konsumen mengirimkan foto mereka di akun Instagram mereka dan membuat tag ke akun bisnis Instagram Anda.